Blog

HomeArtikelIngin Mempermudah Perawatan Rutin Kolam Renang ? Gunakanlah Cover Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Ingin Mempermudah Perawatan Rutin Kolam Renang ? Gunakanlah Cover Kolam Renang

Akui saja – panasnya siang hari di musim kemarau membuat Anda ingin segera terjun ke kolam. Nyatanya, Kolam renang rekreasi dan umum akan sangat penuh terutama di musim kemarau. Kesegaran air yang melimpah, kesenangan bermain, dan tentunya kebahagiaan melihat anak-anak ceria. Apa lagi jika punya kolam renang di rumah, wah refreshing keluarga dengan tetap menjaga privasi dan kebebasan tanpa harus merasa terganggu karena kehadiran orang lain, Tentunya akan lebih sempurna.  AKan tetapi, sering kali pemilik kolam renang pribadi akan mengeluh karena belum terbiasa melakukan perawatan rutin yang direkomendasikan. Membersihkan dedaunan dan kotoran lain dengan mengangkatnya dengan jaring, Menambahkan air ketika ketinggian tidak ideal, biaya listrik naik drastis karena berjalannya pompa, terlebih lagi jika Anda memiliki fitur heater. jadi, pertanyaannya adalah : “Apakah bisa rutinitas ini diperingan?” jawabannya : Cover kolam renang menjadi pilhan tepat sebagai solusi dari keluhan di atas.

Artikel Terkait : 8 Tips Mempersiapkan Kolam Renang Untuk Menyambut Musim Kemarau

Jika di musim kemarau kolam renang sering digunakan, bagaimana di musim penghujan ? Apakah Anda harus melakukan perawatan ketika kolam renang jarang digunakan? Atau, justru kolam renang Anda akan sangat cocok digunakan saat musim hujan, karena indoor dan bertipe kolam spa air hangat. Apapun kondisinya, ketika tidak digunakan, menutup kolam dengan cover akan memberikan banyak keuntungan.

Artikel Terkait :Alasan Lain kenapa harus punya cover untuk kolam renang pribadi

Banyak orang yang baru saja menyandang status pemilik kolam renang ( pool owner ) menganggap membeli dan atau memiliki cover tidaklah terlalu penting, karena cover kolam renang dianggap sebagai aksesoris tambahan.  Tapi sebenarnya, aksesoris ini penting dan wajib  Anda pilih dan masuk dalam list pada bagian atas peralatan dan perlengkapan kolam renang yang akan Anda beli. Kenapa ?

Tahukah Anda, jika kolam renang (outdoor) terutama yang terkena sinar matahari langsung akan kehilangan cukup banyak air. Bahkan angkanya dapat mencapai 10.000 liter (termasuk bahan kimia mahal yang digunakan di kolam renang ) akibat penguapan di hari yang sangat panas. Memiliki cover dan mentup kolam renang di siang hari saat tidak digunakan dapat menurunkan tingkat penguapan air hingga 50% dari pada kondisi terbuka dan menjaga kandungan bahan kimia di air hingga 60% di banding jika kolam renang yang terekspos matahari. Sehiingga, memiliki cover bisa dibilang menjadi investasi Anda, untuk penghematan uang dan waktu.

“Kenapa kebanyakan kolam renang umum / rekreasi di biarkan terbuka tanpa cover?”

Jelas saja, karena kolam renang umum dan rekreasi beroprasi di siang hari dan tentu pihak pemilik sarana hiburan tidak akan menutup kolam renangnya dengan cover. Selain itu, tingkat penggunaan atau frekuensi perenang yang tinggi akan cukup berpengaruh pada kondisi keseimbangan dan TDS air kolam renang. Dengan penguapan dan berbagai macam hal yang dibawa perenang saat berenang akan menaikkan tingkat TDS, sehingga memang perlu untuk melakukan pengenceran (menambahkan air yang  lebih rendah tingkat TDS) ke air kolam renang umum setiap harinya. Sehingga tingkat TDS di kolam renang tetap terjaga pada kondisi ideal dan kolam renang selalu  ready digunakan. Selain itu, setiap hari untuk kolam renang umum dan rekreasi akan dilakukan pengecekan dan penyesuaian keseimbangan air kolam renang, karena akan digunakan oleh pengunjung. Jadi, kehilangan bahan kimia akibat penguapan tidak akan menjadi masalah, hal ini tentu sudah masuk dalam perhitungan mereka.

Nah, lalu bagaimana dengan kolam renang pribadi di rumah ?

Yakinkah Anda atau keluarga menggunakannya setiap hari ? atau pada moment tertentu seperti pada saat liburan. Yang jelas, jika kolam renang pribadi di biarkan terbuka saat tidak digunakan, dapat dibilang air dan beberapa bahan kimia akan hilang secara sia-sia akibat sinar matahari. Nah, maka dari itu kami sangat merekomendasikan kolam renang pribadi untuk memiliki perlengkapan cover.

Pekerjaan Anda dalam perawatan kolam renang akan sangat terbantu dengan hadirnya cover. Pekerjaan yang paling nampak terasa adalah saat pembersihan kotoran seperti dedaunan yang jatuh masuk ke kolam renang. Dengan hadirnya coverr, akan mencegah berbagai macam kotoran besar masuk ke kolam renang, dan untuk membersihkannya Anda cukup menyapu bagian atas cover tanpa harus melakukan penyaringan yang cukup memakan waktu dan tenaga. Jadi, jelas bukan, memiliki cover di kolam renang akan menghemat tenaga.

Selain itu, dengan berkurangnya debu, kotoran, dedaunan, ranting dan kontaminan lainnya kekolam renang, keseimbangan dan kesehatan air kolam renang akan lebih terjaga. Sehingga, Anda tidak perlu melakukan banyak penyesuaian saat melakukan perawatan harian. Rasakanlah perbedaan rutinitas terutama dari segi waktu perawatan yang akan sangat jelas terlihat berbedanya. Terlebih, jika Anda selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan, Anda dapat melihat berapa dana yang dihemat saat membeli bahan kimia. Karena, Stok bahan kimia akan lebih awet dari pada saat kolam renang dibiarkan terbuka.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Lalu, bagaimana saat musim penghujan ?

Berbeda dengan daerah yang memiliki 4 musim. Di Indonesia kita hanya mengalami 2 perubahan musim, yaitu musim kemarau dan penghujan.  Berhubung saat musim penghujan kolam renang Anda jarang digunakan, dengan memiliki cover, Anda dapat menghambat sebagian besar air hujan yang akan masuk ke kolam renang. Dengan demikian, keseimbangan air tidak mudah berubah dan cinderung stabil. Tapi, karena saat ini musim penghujan juga ada panasnya, dan musim panas juga cukup sering hujan, pemanasan global yang berpengaruh pada iklim akan sulit membuat Anda menentukan kapan datanya musim panas dan penghujan. Sehingga, pada dasarnya saat kolam renang tidak digunakan, atau sedikit aktifitas di area kolam renang, sebaiknya Anda menutupnya dengan cover. Kecuali Anda hanya ingin menikmati suasana santai di sekitar area kolam renang dan duduk di gazebo bersama rekan, atau keluarga. Tentu suasana akan lebih rileks dengan terbukanya area air kolam renang. Nah, seberapa sering Anda melakukan aktifitas itu? Hal ini tentunya akan mempengaruhi jenis cover yang nantinya Anda miliki.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP