Blog

HomeArtikelInfo Tentang Backwash Filter Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Info Tentang Backwash Filter Kolam Renang

Filter kolam renang generasi lama atau tempo dulu, belum memiliki fitur backwash atau fitur pencucian media filter. Pada saat itu, proses backwasing dilakukan dengan instalasi pipa yang rumit, dan untuk menjalankan prosesnya, kita perlu memutar beberapa stop-kran untuk membalikkan aliran air yang masuk ke filter. Namun, saat ini proses backwashing sudah sangat mudah, kita hanya perlu menutup jalur pipa ke outlet dan membuka jalur pipa untuk waste. Selanjutnya tinggal memutar switch yang ada di filter. Mengenal Beragam Tipe Filter Kolam Renang

Apa itu Backwashing ?

Membersihkan pasir atau DE filter kolam renang. Itulah tujuan backwashing, untuk membersihkan media filter kolam renang dengan tipe pasir ataupun DE. Prinsipnya adalah memutar atau membalikkan kondisi. Karena pasir atau DE ini memfilter kotoran-kotoran dan meneruskan air, maka kotoran ini akan terperangkap dan bercampur dengan pasir atau DE, terutama pada bagian permukaannya. Nah, proses backwashing gampangnya memutar agar permukaan tersebut berada di bawah sehingga akan terdorong oleh tekanan air dan kotoranpun keluar melalui pipa pembuangan (waste). Namun, memutar yang dimaksud bukan berarti Anda harus membalikkan filter, tergantung pada fitur dan teknologi yang terinstal di filter tersebut. Karena saat ini untuk melakukan proses backwash, Anda  hanya perlu memindahkan tuas ke arah backwash sehingga jalur pipa sedemikian rupa berubah kondisi sebaliknya dari kondisi semula.  Berbeda dengan filter bertipe catridge, backwashing hanya digunakan untuk filter jenis sand dan DE. Karena prinsip kerjanya yang sama.

Berapa lama proses backwash ini diperlukan ?

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaTidak ada batasan seberapa lama proses backwashing ini dilakukan. Pada prinsipnya hingga air yang dikelaurkan melalui waste bersih dan jernih, Anda juga dapat melihat kondisi air ini melalui pipa yang transparan. Sehingga waktu yang diperlukan tergantung pada kondisi sand atau DE di kolam renang Anda. Namun,  pada kondisi normal atau perawatan rutin dapat dilakukan dengan durasi antara 2 – 3 menit.

Untuk D.E. Filter, semakin sering Anda melakukan backwash maka akan semakin banyak kotoran dan DE yang di keluarkan. Sebagai contoh, jika dalam melakukan proses backwash Anda menggunakan cara atau prinsip ‘bumping’ seperti memutar-mutar tuas maka akan lebih banyak DE powder yang ikut terbuang dibanding hanya melakukan backwash dengan ‘single backwashing’.   Sehingga pada DE filter, Anda perlu menambahkan sejumlah DE powder atau Perlite ke filter setelah proses backwashing. Anda dapat menambahkan DE powder ini dengan menjalankan pompa dan memberikan sejumlah DE di jalur inlet atau skimmer kolam renang.

Hati-hatilah saat proses backwashing terutama untuk filter jenis DE ini. Karena DE powder dapat merusak tanaman. Sehingga, pastikan jalur pembuangan tidak mengarah ke tanaman yang dirawat. Sesungguhnya, hal ini sudah harus diperhitungkan saat proses instalasi pemipaan, Instalasi Filter Kolam Renang Yang Benar. tapi untuk kenyamanan bersama baik Anda dan tetangga ataupun dengan lingkungan, melakukan double check bukanlah hal yang perlu di anggap merepotkan.

Kapan kita perlu melakukan proses backwah ini ?

Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaKapan Saatnya Anda Membersihkan Filter Kolam Renang ? Di setiap filter atau pompa terdapat indikator tekanan. Ketika indikator tekanan  ini naik hingga 8-10 lbs di atas tekanan bersih / normal, atau saat proses start-up (awal), ataupun jika deras aliran air berkurang secara signifikan. Saat inilah yang menjadi indikator perlunya dilakukan backwashing pada filter. Pastikan Anda mematikan pompa terlebih dahulu sebelum memindahkan tuas atau switch di filter ke arah backwashing, menutup jalur sirkulasi outlet dan membuka jalur waste tergantung pada instalasi pipa kolam renang Anda.  Pastikan Anda mendapat petunjuk manual dari jasa instalasi jalur pemipaan yang dapat Anda gunakan sebagai acuan atau checklist saat melakukan proses perawatan elemen-elemen sistem sirkulasi ini.

Lalu, Bagaimana cara menjalankan proses backwash pada  filter kolam renang ?

  1. Matikan pompa kolam, dan periksalah halur pembuangan atau waste, apakah ada tuas buka/tutup. Pastikan Anda membuka jalur waste ini dan menutup jalur ke arah outlet.
  2. Putar tuas atau handel ke arah backwash, atau geser katup Push/Pull (tarik atau dorong). Tergantung jenis instalasi yang ada.
  3. Nyalakan pompa. Air seharusnya mengalir keluar melalui waste atau pipa backwash.
  4. Biarkan proses berjalan hingga air terlihat bersih, normalnya berkisar 2-3 menit.
  5. Matikan pompa, dan kembalikan kondisi filter ke arah switch filter.
  6. Buka Jalur ke arah outlet, dan tutup ke arah waste.
  7. Perhatikan tekanan pada tangki saringan , dan pastikan air keluar deras seperti normal pada bagian outlet.

Ada beragam jenis filter yang ada di pasaran, dengan banyaknya fitur-fuitur yang ditawarkan. Selain itu juga susunan isntalasi pipa kolam renang Anda perlu diketahui. Banyaknya variasi ini membuat kami kesulitan untuk mendeskripsikan penggunaanya. Seperti multiport slide, dan lain sebagainya. Maka dari itu, pastikan Anda memahami jalur-jalur pipa dan mendapat panduan manual dari jasa pembangunan kolam renang yang menyelesaikan proses pembangunan kolam renang Anda. Jika merasa kesulita, pastikan bertanya kepada konsultan pro. Salam.

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP