Blog

HomeArtikelFaktor yang mempengaruhi harga pembuatan kolam renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Faktor yang mempengaruhi harga pembuatan kolam renang

Satu hal yang sering dipertanyakan oleh calon pemilik kolam renang yaitu tentang “Berapa harga atau biaya untuk membangun kolam renang?” Jawaban untuk pertanyaan ini relatif dan tidak dapat di patok secara pasti. Memang, beberapa kontraktor menawarkan harga paket yang biasanya di hitung per meternya. Namun hal tersebut hanyalah sebagai panduan atau perkiraan kasar.

Jika Anda ingin membangun kolam renang , maka perlu banyak berkomunikasi dan berkonsultasi kepada konsultan kolam renang yang PROfesional. Setelah dilakukan survei dan tim konsultan telah memahami kolam renang yang Anda inginkan, maka ia akan membantu Anda untuk merancang, mendesain, dan tentu saja memperhitungkan segala keperluan kolam renang. Hasil proses tersebut nantinya akan ia jelaskan kepada Anda. Termasuk di dalamnya RAB yang berisi perincian anggaran kepeluan. RAB yang pertama kali di berikan belumlah fix, maksudnya jika Anda ingin menambah atau menurunkan beberapa spesifikasi atau standar yang ditawarkan pihak kontraktor, maka tentu akan mempengaruhi harga akhirnya juga.

Nah, pada dasarnya total harga pembangunan kolam renang sangat dipengaruhi oleh Lokasi, tipe kolam, Ukuran kolam, fitur-fitur keperluan kolam, dan lain sebagainya. Maka, jika di tanya berapa harga pembuatan kolam renang, perlu adanya survei atau peninjauan ke lokasi untuk berdiskusi dan mempelajari kondisi lokasi.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga pembuatan kontruksi kolam renang adalah sebagai berikut:
Ukuran.

Sudah pasti bahwa ukuran menjadi hal utama yang menjadi faktor perhitungan harga pembuatan kolam renang. Semakin besar kolam renang, tentu memerlukan material, tenaga,waktu , dan spesifikasi mesin sirkulasi yang lebih banyak / besar. Sehingga akan menyebabkan harga pembangunan menjadi naik. Sebaliknya jika kolam berukuran kecil, tentu akan menghemat biaya pembuatannya. Ukuran di sini berkaitan dengan Luas Permukaan, yang maksudnya adalah dimana panjang, lebar, dan tinggi (atau kedalaman) akan diperhitungkan. Sehingga, ukuran luas permukaan dengan satuan meter kuadrat ini sering dijadikan patokan untuk menawarkan harga paket pembuatan kolam renang.

Lokasi.

Lokasi pembangunan kolam renang menjadi faktor lain yang dapat mempengaruhi harga. Jarak dan akses lah yang menjadi pertimbangan. Semisal, Anda ingin membangun kolam renang di vila yang berlokasi di daerah pegunungan, tentu memerlukan biaya transport untuk setiap material yang didistribusikan. Selain itu, jika akses masuk dari area jalan utama / besar tidak ada atau tidak muat dimasukki oleh kendaraan pengangkut material, otomatis material perlu di angkat secara manual sehingga memerlukan tenaga dan waktu yang akan mempengaruhi harga.

Selain itu, ada hal utama yang sangat mempengaruhi harga. Yaiut, kondisi lokasi pembangunan, dalam hal ini berkaitan dengan kondisi lahan yang akan Anda bangun kolam renang. Jika kondisi tanah atau dasar cinderung datar maka harganya akan lebih murah, Namun, jika kondisi tanah miring, tentu memerlukan kontruksi tambahan sebagai penguat dan kemungkinan diperlukan material tambahan untuk timbunan pemerata tanah.

Masih berhubungan dengan tanah, faktor lainnya adalah kondisi tanah itu sendiri. Apakah tanah atau dasar lokasi pembangunan kolam renang bersifat labil ataukan sudah tanah mati. Maksudnya, ada beberapa daerah yang kondisi tanahnya mengandung lumpur dan material-material organik yang menyebabkan kondisi tanah susah padat sehingga kemungkinan terjadinya penurunan tanah cukup besar. Untuk masalah tanah labil ini tentu memerlukan proses pembangunan kontruksi ekstra, dimana lokasi perlu di gali hingga mencapai tanah yang tidak labil atau tanah mati ataupun dengan memebrikan kontruksi ekstra untuk meminimalisir terjadinya penurunan tanah. Karena penurunan tanah akan menyebabkan pondasi mengantung dan akan berakibat titik beban kontruksi dapat mematahkan pondasi sehingga timbul retakan atau patahan pada kolam renang.

Bentuk dan Tipe

Bentuk kolam renang juga mempengaruhi harga, jika bentuk cinderung sederhana maka harga akan relatif murah, namun jika bentuk cukup rumit sehingga memerlukan tingkat pengerjaan ekstra maka harga tentu ikut naik. Sebagai contoh sederhana, jika Anda membangun kolam renang kotak atau persegi panjang, akan lebih murah dibandingkan dengan membangun kolam renang berbentuk lingkaran atau eclips ataupun yang meliuk-liuk. Tentu saja perbandingan itu dengan kondisi yang sama, terutama luas permukaannya yang sama. Bentuk ini dapat mempengaruhi harga dan waktu pengerjaan. Sehingga jelas akan menambah total harga pembuatan.

Selain dari bentuk, tipe kolam renang juga mempengaruhi harga, dimana jika tipe kolam renang skimmer akan cinderung lebih murah dibanding kolam renang overflow atau semi overflow. Hal ini berkaitan dengan eksta atau fitur yang diperlukan untuk tiap tipe kolam renang yang berbeda. Jika kolam bertipe overflow memerlukan tabung balance sedangkan tipe skimmer tidak memerlukannya.

Material.

Hal yang dapat mempengaruhi harga pembangunan kontruksi kolam renang adalah material. Jenis material yang digunakan akan sangat mempengaruhi harga. Contoh sederhananya, dalam pemilihan material untuk dek dan kramik dinding & lantai. Setiap jenis material itu akan memiliki harga yang berbeda, maka, selektiflah dan sesuaikan dengan anggaran atau budget yang ada saat memilih material. Biasanya, yang paling sering di utak-atik untuk menurunkan harga adalah di sisi material ini. Terutama untuk material-material yang bersifat pelengkap / hiasan seperti lantai, dinding, dek, dan lain sebagainya.

Ekstra atau tambahan lainnya di luar kontruksi pokok.

Nah, yang menjadi faktor yang mempengaruhi harga di luar kontruksi adalah peralatan ekstra atau fitur-fitur tambahan di kolam renang. fitur utama yang sering menjadi pertimbangan dari kontraktor kolam renang dan pemilik kolam renang adalah pemilihan spesifikasi filter dan pompa. Hal ini sangat penting dan perlu perhitungan sehingga pemilik kolam renang perlu didampingi oleh orang yang telah memahami tentang sistem sirkulasi kolam renang. Fitur lainnya yang sering ditawarkan dan terpasang disistem sirkulasi adalah pemanas, heater ini sering di tawarkan oleh pihak kontraktor untuk menambah kenyamanan pemilik dan pengguna kolam renang, khususnya untuk kolam renang yang bersifat untuk relaksasi, berukuran kecil, ataupun kolam renang pribadi. Karena air hangat akan memberikan daya tarik tersendiri untuk kolam renang di rumah, baik untuk berendam atau bermain santai. Berbeda jika untuk kolam renang olah raga profesional, penggunaan heater cinderung tidak dianjurkan.

Fitur-fitur tambahan lain sebagai hiasan atau pemerindah kolam renang tentu juga mempengaruhi penambahan anggaran, termasuk juga jika Anda memilih taman tambahan pemerindah kolam renang, penambahan lampu-lampu, air mancur dan lain sebagainya. Pada prinsipnya, semakin banyak tambahan ekstra dan fitur akan semakin menambah pengerluaran Anda saat pembangunan kolam renang ataupun saat merenovasi kolam renang Anda.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP