Blog

HomeArtikelFaktor pencahayaan kolam renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Faktor pencahayaan kolam renang

Jika kita membicarakan / mendiskusikan tentang kolam renang, tentu tidak akan jauh-jauh dari air. Pada artikel ini akan dibahas tentang pencahayaan kolam renang, dengan kata lain kita akan membahas pengaruh cahaya terhadap kolam ( tempatnya ), dan air

Untuk suasana di siang hari, kita tidak memerlukan cahaya tambahan, cukup dari cahaya matahari sudah mampu mencakup seluruh kebutuhan cahaya kolam renang. Tidak ada bedanya antara indoor maupun outdor, hanya saja untuk indoor pool perlu adanya pengaturan ventilasi, sudut cahaya yang harus di pikirkan saat proses pembangunan.

Nah, pencahayaan yang akan dibahas adalah pencahayaan dengan sumber tambahan, lampu sering disebutnya. Sehingga dalam kondisi ini kita lebih memfokuskan kolam renang pada saat malam hari.

Pengaruh pencahayaan untuk kolam

Untuk kolam renang sendiri, pada malam hari kita memerlukan sumber cahaya penganti cahaya matahari. Hal yang perlu diperhatikan dalam pencahayaan untuk kolam renang dalam hal ini tempatnya adalah,

  • Sudut-sudur kolam renang , batas kolam renang harus dapat terlihat dengan jelas. Hal ini berkaitan dengan keamanan pengguna juga di malam hari.
  • Dasar informasi kedalaman kolam juga perlu diperhatikan, terutama untuk fasilitas kolam renang umum di hotel dan apartement. Di malam hari, orang terkadang kurang memperhatikan informasi kedalaman kolamrenang, Maka perlu adanya setting cahaya untuk media informasi tersebut. Sehingga terlihat jelas.
  • Posisi tangga atau akses keluar masuk kolam perlu di beri penerangan.
  • Pastikan cahaya cukup untuk menerangi kolam renang secara menyeluruh di luar dari point-point sebelumnya.

Pengaruh pencahayaan untuk air

Sifat air yang dapat membelokkan cahaya dan memantulkan cahaya bisa menjadi positif namun juga negatif. Maksudnya adalah dengans setting pencahayaan / tata letak pencahayaan yang tepat, kita dapat memanfaatkan sifat-sifat air ini untuk memperindah kolam renang. Namun jika tidak di atur dan asal cahaya / terang, keindahan kolam renang di malam hari dapat berkurang. Sebagai contoh kita memanfaatkan sifat air tersebut untuk sisi positif. Sebagai penerangan air terjun / air mancur, kita dapat memasangkan LED / penerangan yang diletakkan di bawah menembak ke atas. Sehingga pembelokan cahaya lampu akan memperindah pancuran air tersebut. Sedangkan untuk sisi negatif, Jika Anda memberikan lampu sorot dari atas kolam renang, permukaan air kolam renang akan memantulkan cahaya lampu tersebut menyebar ke seluruh arah ibaratnya permukaan kolam renang dapat menjadi cermin besar untuk cahaya, hal ini akan mengurangi keindahan dan kenyamanan. Karena akan memberikan efek silau / terlalu terang / sakit di mata.

Written by / 68 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!