Blog

HomeArtikelCara Tepat Memilih Pompa Kolam Renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Cara Tepat Memilih Pompa Kolam Renang

Pompa kolam renang dapat dianalogikan sebagai jantung untuk sebuah kolam renang. Karena tanpa pompa ini, air tidak akan tersaring, sirkulasi air tidak berjalan, kolam renang Anda akan cepat kotor. Setidaknya dengan analogi tersebut dapat mempermudah untuk memahami pentingnya pompa kolam renang.

Dengan banyaknya tipe dan model pompa kolam renang di pasar, dengan berbagai macam keunggulan yang di tawarkan. Mungkin dapat membuat seseorang bingung memilih mana yang tepat digunakan, Berikut ini kami rangkum beberapa hal tentang Cara Tepat Memilih Pompa Kolam Renang.

Pompa kolam renang = pompa air ? Ya, pompa kolam renang memang digunakan untuk mempompa air, Tetapi ada perbedaan untuk pompa yang di khususkan di kolam renang (spesialisasi). Pada pompa kolam renang akan terdapat keranjang pada saluran input air yang berfungsi menyaring kotoran dengan ukuran cukup besar yang terlewatkan dari skimmer.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan Pompa Kolam Renang.

Besar Volume kolam renang Anda

Mengetahui volume air pada kolam renang Anda. dalam hal ini, anda harus mengetahui berapa volume air yang mengisi kolam renang. Karena besar volume air ini nantinya akan digunakan pada perhitungan memilih pompa yang tepat guna dan sesuai.

Volume = panjang x lebar x tinggi.

Sifat air yang menyebar ke segala ruangan tidak akan mempengaruhi nilai panjang dan lebar. Nilainya akan sama dengan panjang dan lebar kolam yang tersedia. Sedangkan untuk nilai tinggi, yang perlu anda ukur adalah ketinggian air dari dasar kolam renang Anda, karena ada beberapa kolam yang sengaja tidak di isi penuh. Bentuk kolam renang bebrasis garis akan memudahkan tingkat keakurasian perhitungan.

Lalu, Bagaimana mengukur volume air yang kita butuhkan pada kolam renang berbentuk lingkaran ? jika lingkaran sempurna bisa saja menggunakan rumus menghitung volume Tabung. Namun jika model kolam renang Artistik ? meliuk-liuk ? tentu akan menimbulkan pertanyaan.

Perkiraan, setidaknya ini akan mempermudah dalam perhitungan Anda. Anda dapat mengambil sisi panjang dan lebar kolam berdasarkan tarik garis lurus. dan menguranginya dengan perkiraan ruang kosong. Apa guna kita menghitung volume ini ? Nilai volume air ini nanti akan digunakan untuk menyesuaikannya dengan pompa air yang tepat.

Flow Rate ( aliran dalam periode tertentu )

Aliran dalam hal ini tentu saja adalah aliran air, dan yang dimaksud flow rate adalah kemampuan pompa tersebut mengalirkan air pada periode waktu tertentu. Keterangan flow rate ini terdapat dalam spesifikasi setiap pompa air yang beredar di pasar.

Mari kita analogikan pentingnya mengetahui flow rate ini. Ketika seseorang ingin membeli alat komunikasi handphone / smartphone tentu saja ia akan mencari tau keunggulan / spesifikasi dari setiap perangkat yang ada di pasar, dan mencari yang paling sesuai dengan kebutuhan serta dana yang tersedia. begitu juga saat melihat komposisi makanan / snak, ada beberapa keterangan komposisi yang mungkin tidak di pahami oleh masyarakat umum. Kurangnya pengetahuan tersebut yang dapat membatasi ruang gerak kita. Dengan gencarnya iklan dari berbagai media, setidaknya kita perlu selektif. Itulah sebabnya di jelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pompa kolam renang ini, Agar Anda dapat memilih pompa yang tepat guna untuk kolam renang Anda. Setidaknya mengenal sistem mekanikal kolam renang yang benar akan sangat membantu pekerjaan Anda.

Sebagai contoh pada keterangan pompa terdapat flow rate 20 m3 /jam. ini artinya, dalam kurun waktu satu jam (periode waktu), pompa tersebut dapat mengalirkan air ( in-out) sebanyak 20 kubik. Jika dari perhitungan volume kolam renang Anda tadi 120 m3 . Maka Anda dapat mengetahui pompa tersebut memerlukan berapa waktu untuk mengalirkan seluruh volume kolam renang Anda. perhitungannya

volume kolam renang / flow rate = waktu yang dibutuhkan. 120m3 / 20m3 = 6 jam.

Dengan pompa tersebut waktu yang Anda butuhkan untuk mensirkulasikan seluruh air kolam renang Anda adalah 6 jam. Jika terasa terlalu lama maka carilah yang flow ratenya lebih tinggi. Namun jelas, semakin tinggi flow rate, dana yang diperlukan juga semakin besar. Tapi flow rate yang tertulis tersebut adalah ukuran maksimal / daya maksimal pompa mengalirkan air (tanpa hambatan).

Disinilah terasanya efektifitas jalur sirkulasi air Anda. Anda perlu mengetahui hambatan-hambatan yang disebabkan oleh jalur sirkulasi air. alangkah lebih baik jika Anda mengenal sistem sirkulasi kolam renang.

Curve of the pump

Salah satu spesifikasi dan menjadi petunjuk kita dalam memilih pompa kolam renang. kurva / diagram pompa ini biasanya di dasari dua sumbu Vertikal dan horizontal ( x dan y ). Dengan menunjukan perbandingan antara Head dengan flow rate. Head? Head adalah kekuatan dorongan dari pompa tersebut, berbeda dengan presure yang merupakan daya tekan. Hal serupa tapi tak sama. Untuk mempermudah maksud dari head ini, mari kita analogikan dengan satuan lain. inci dan cm . berapa cm dalam satu inci ? ya begitu juga dengan hal ini. 1 m head = 2,31 psi.

Flow rate dan head berbanding terbalik. dengan head yang tinggi maka flow rate akan semakin kecil. sebaliknya semakin besar flow rate maka head akan semakin rendah. Makin banyaknya hambatan sirkulasi air akan memperkecil kecepatan air.

Memilih Pompa Kolam Renang Yang Tepat

Setelah membaca banyak paragraf di atas, setidaknya Anda sudah memiliki pengetahuan untuk menentukan pilihan pompa kolam renang Anda. Sebagai point to point. Beirkut ini yang perlu anda cermati dalam memilih pompa :
1. Mengetahui volume air,
2. Mengetahui istilah flow rate dan head
3. Membaca kurva / diagram yang menjadi petunjuk pompa air.
4. Sesuaikan dengan waktu yang anda butuhkan.
4. menyesuaikan ketersediaan dana / anggaran
5. Tentukan pilihan Anda.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!