Blog

HomeArtikelCara  Menyeimbangkan Klorin dan CYA (Stabilizer)
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Cara  Menyeimbangkan Klorin dan CYA (Stabilizer)

Cukup merepotkan untuk menstabilkan kadar klorin di kolam renang terutama di musim kemarau. Dengan menambahkan CYA, yang dikenal sebagai stabilizer merupakan salah satu langkah untuk meminimalisir dan mencegah chlorine terpecah / terurai akabiat sinar matahari.

Menyeimbangkan kada CYA di kolam renang menjadi penting, setara dengan kima kolam renang lainnya. Jika kadar CYA tidak berada pada tingkat yang ideal, tentunya akan menyebabkan berbagai amsalah di kolam renang.  Nah, pada artikel kali ini, mari kita mendalami CYA, apa itu CYA, bagaimana penggunaannya, dan bagaimana menyeimbangkannya dengan kadar klorin yang Ada di kolam renang.

Apa itu CYA?

Sebelum berbicara lebih jauh tentang cara yang pas untuk menyeimbangkan chlorine dan CYA, tentu kita perlu memahami terlebih dahulu kedua hal tersebut. Untuk pemahaman tentang chlorine sudah di bahas di artikel sebelumnya, sedangkan CYA adalah kependekan dari cyanuric acid atau asam sianurat. Asam ini berfungsi sebagai stabilizer untuk klorin di kolam renang. Dengan kata lain, asam ini akan melindungi klorin dari dampak sinar ultraviolet matahari. Ketika CYA hadir di kolam renang Anda, senyawa klorin bebas akan bertahan lebih lama walaupun dalam musim kemarau.

Kenapa keseimbangannya perlu diperhatikan?

Penting untuk menjaga keseimbangan antara chlorine dan CYA di kolam renang. Karena, jika kadar Cyanuric Acid di kolam renang terlalu sedikit, kadar Klorin Bebas akan tidak seluruhnya mendapatkan perlindungan secara optimal dari sinar matahari, sehingga tetap terjadi penurunan kadar klorin di kolam renang. Sehingga Anda tetap perlu untuk menambahkan klorin secara continu untuk menjaga kadarnya di tingkat ideal.

Akan tetapi, jika akdar CYA terlalu tinggi, ia justru akan menggangu kinerja Klorin Bebas untuk sinitasi dan pembasmian bakteri yang seharusnya menjaga kolam renang Anda tetap bersih. Sehingga, jika kadar CYA terlalu tinggi, kinerja klorin akan terhambat dan menurun. Sinitasi kolam tidak berjalan optimal.

Menyeimbangkan Chlorine dan CYA.

Sekarang, mari kita sedikit melakukan perhitungan matematika untuk memperhitungkan keseimbangan yang tepat antara Chlorine dan CYA.

Seperti sering disebutkan, kadar ideal Free Chlorine di kolam renang adalah diantara 2-4 ppm. Akan tetapi, perlu adanya penyesuaian saat Anda menggunakan stabilizer di kolam renang. Sedangkan kadar CYA di kolam renang tidak boleh lebih dari 50 ppm. Jika kadar CYA melebihi angka tersebut, maka dapat dpastikan Free Chlorine akan kehilangan cukup banyak kemampuannya untuk melaksanakan tugas sinitasi dan pembasmian bakteri.

Direkomendasikan keseimbangan antara CYA dan Chlorine berada di kisaran 7.5 persen. Maksudnya :

Kadar Klorin Bebas = 7.5% dari Kadar CYA.

Sebagai contoh jika Anda menggunakan acuan titik tengah CYA yang antara 30-50 dan mengambil angka 40. Maka kadar klorin yang diperlukan untuk kolam renang Anda haruslah berkisar :

CYA x 0.075 = Free Chlorine

40 x 0.075 = FC , jadi disimpulkan bahwa Free Chlorine di kolam renang agar seimbang dengan kadar CYA 40 adalah 3 ppm.

Perhatikan pH air kolam renang.

Setelah melakukan penyeimbangan kadar CYA dan Klorin bebas, Anda perlu memperhatikan tingkat pH air kolam renang. Karena, pada beberapa kasus, ada beberapa jenis klorin yang dapat meningkatkan pH air kolam renang. Memang benar, untuk beberapa tipe chlorine, ada yang menghasilkan basa sehingga menaikkan pH kolam renang, akan tetapi seiring berjalannya waktu dan bantuan sinar matahari, setelah selesai bereaksi tingkat pH kolam renang akan turun ke kondisi normal atau sebelumnya. Jadi kenaikan pH ini hanya sementara, tetapi pemantauan tetaplah perlu dilakukan.

Kenapa memilih Menggunakan CYA ?

Kebanyakan pemilik kolam renang kurang menyukai atau akan kesulitan jika harus berurusan dengan lebih dari satu jenis chemical di kolam renangnya. Tentu saja hal ini dapat dipahami dan wajar. Tapi, tetap saja penggunaan chlorine sudah terlihat keampuhannya untuk sinitasi kolam renang. Selain mudah didapat dan harganya terjangkau, dengan menggunakan stabilizer CYA, Anda akan menghemat waktu, tenaga, dan biaya karena kadar klorin bebas di kolam renang lebih stabil dan cinderung tahan terhadap sinar matahari. Sehingga Anda tidak perlu terlalu sering menambahkan chlorine, yang tentunya mewajibkan pengukuran serta penakaran kadar yang tepat.  Hadirnya CYA akan mempertahankan kandungan chlorine di kolam renang bertahan lebih lama dan pada tingkat yang Ideal.

Kesimpulannya,

Jika kolam renang Anda berada di luar ruangan, Penggunaan CYA menjadi pelindung atau tameng untuk chlorine dari sinar matahari. Jika tidak, Anda harus rutin melakukan cek kadar klorin dan menambahkan klorin akibat dari terurainya klorin oleh sinar matahari. CYA akan menjaga kadar klorin di air delapan kali lebih tahan lama dibanding tanpa menggunakan CYA, tentunya akan menjadi lebih menghemat penggunaan klorin , waktu, serta tenaga. Tapi, Anda perlu melakukan sedikit perhitungan untuk menyeimbangkan kadar klorin dan CYA, agar dapat berjalan secara optimal. Pastikan kadar CYA tidak melewati batas ideal yang Ada, jika terlalu tinggi akan beresiko untuk kolam renang dan juga kesehatan penggunannya.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP