Blog

HomeArtikelCara mengontrol gangang (algae) di kolam renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Cara mengontrol gangang (algae) di kolam renang

Alga / gangang sering menjadi permasalahan yang berdampak pada pusingnya pemilik kolam renang. Hehehe… ^_^ Sebuah kolam renang sudah sewajarnya selalu di rawat dan dijaga kebersihannya, dan ganggang / alga merupakan organisme yang perlu dikendalikan pertumbuhanya di kolam renang. Dengan menggunakan jasa perawatan kolam renang permasalahan ini tentu sudah menjadi kuwajiban dari pemegang jasa perawatan tersebut, Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara untuk mengontrol gangang (alga) di kolam renang berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

  1. Pada saat proses pembangunan, Anda dapat membuat dasar kolam renang agak miring.
    Dasar kolam renang yang miring pada salah satu sisi akan mempermudah Anda dalam perawatan kolam renang, Karena endapan kotoran dan ganggang akan cinderung banyak mengendap dan berkumpul di sisi yang paling dalam.
  2. Buatlah tanggul di sekeliling kolam renang
    Dengan adanya tanggul di sekeliling kolam renang akan membantu mencegah masuknya limpasan air hujan ke kolam renang Anda. Air hujan ini akan meningkatkan pH sehingga akan mempercepat pertumbuhan alga. Jika sistem kolam renang Anda berbasis overflow akan sangat membantu dalam hal ini.
  3. Lakukan pengecekan rutin
    Lakukanlah pengecekan pH air, kebersihan kolam, dinding, dan lantai. pH tinggi akan mengurangi kinerja klorin untuk membasmi organisme dalam air kolam. Perhatikanlah kebersihan dinding dan dasar kolam renang, terutama pada bagian sudut-sudut, dasar, dan sela-sela antar keramik. Lokasi-lokasi tersebut, merupakan lokasi favorit untuk bertumbuhnya alga.
  4. Perawatan secara rutin dan berkala
    Untuk menjaga kebersihan rumah, kita tidak bisa membiarkannya saja, perlu di sapu dan di pel. Begitu juga dengan kolam renang Anda, perlu adanya perawatan secara rutin dan berkala. Bukan berarti harus setiap hari. Frekuensi perawatan menyesuaikan dengan frekuensi pemakaian, kolam renang umum dan kolam renang pribadi tentu saja berbeda dalam frekuensi perawatan kolam renangnya. Untuk kolam renang pribadi minimal Anda perlu melakukan perawatan seminggu sekali, jika hari libur dan kolam renang sering digunakan sebaiknya seminggu dua kali.

    Berbeda dengan pengecekan / pengontrolan, untuk pengecekan dapat anda lakukan setiap hari sekilas pandang. Lihat apakah ada dedaunan / serangga yang masuk ke kolam renang Anda, jika ada, cukup jaring menggunakan skimmer tool.

Pada dasarnya, penghambat pertumbuhan alga /gangang anda dapat merubah beberapa struktur fisik kolam renang Anda. Baik itu bertujuan untuk mempermudah pembersihan atau menghambat air hujan yang masuk, semua itu merupakan metode yang digunakan untuk mencegah cepatnya pertumbuhan alga. Sedangkan untuk pembasmian alga di kolam renang, Anda tetap memerlukan bahan kimia sehingga perlu takaran dan prosedur yang tepat. Penyesuaian dengan tipe alga juga perlu diperhatikan

Written by / 85 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!