Blog

HomeArtikelCara Mengatasi Kolam Renang yang Bocor
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Cara Mengatasi Kolam Renang yang Bocor

Kebocoran pada kolam renang disebabkan oleh banyak faktor, faktor yang paling mendasar adalah kesalahan saat proses pembangunan kolam tersebut. Entah itu saat pembangunan pondasi ataupun saat proses pelapisan. Sebagai contoh saat pembangunan pondasi dasar kolam, tanah / pasir yang menjadi dasar, tidak padat sehingga mengakibatkan pergeseran tanah / pasir tersebut. Hal ini mengakibatkan posisi pondasi menjadi mengantung pada beberapa bagian, dan dapat menyebabkan keretakan akibat tekanan, sehingga menyebabkan bocor / air merembes keluar.

Memastikan proses pembangunan yang tepat perlu dilakukan, penyesuaian dengan lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan. Namun ada kalanya kolam renang dengan struktur yang baik dan padat pada suatu waktu mengalami kebocoran/retak, entah itu disebabkan akibat bencana alam ataupun terdorong oleh akar pohon, banyak faktor yang dapat menyebabkannya. Proses perbaikan untuk mengatasi kebocoran pada kolam renang perlu dilakukan, bagaimana caranya ? berikut ini akan di sampaikan secara sekilas mengenai cara mengatasi kebocoran pada kolam renang. Teknisnya? tentu saja dapat kita perhatikan bersama di lapangan.

Setiap kebocoran tentu ditandai dengan surutnya air, adanya air yang keluar dari penampungan kolam renang, ataupun ada noda hitam / larutan tanah yang keluar dari dinding /lantai kolam renang. Banyak indikator untuk menditeksi kebocoran. Kebocoran besar akan sangat mudah diditeksi, namun jika retak / rembesan, memerlukan tingkat ketelitian untuk menditeksinya terutama pada kolam renang yang sejajar dengan permukaan tanah.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kebocoran / keretakan pada kolam renang. Jika dikelompokan berdasarkan prosesnya, dapat kita pisahkan menjadi dua hal, mengatasi kebocoran dari luar ataukan dari dalam kolam. Hal ini tentu menyesuaikan dengan kondisi di lapangan / kondisi kolam serta kondisi lingkungannya. Jika kolam berada di lantai 2 dan kebocoran merembes ke bawah tentu berbeda cara penangannanya dengan mengatasi kebocoran kolam renang yang berada di lantai dasar.  Berikut ini beberapa sebutan metode untuk mengatasi kebocoran dari luar bak kolam.

  1. High Pressure Injection , metode ini memanfaatkan material  PU (polyurethane)
  2. Injeksi kolam renang dengan memanfaatkan semen yang ditambah dengan bahan admixture
  3. Perbaikan kolam bocor dengan menggunakan cemet based waterplug

Dari ketikga metode tersebut,  dari pengalaman yang ada dapat dikatakan yang paling efektif dan efisien adalah metode pertama, HPI, material yang digunakan polyurethane  akan mengisi celah / rongga kecil maupun besar karena strukturnya yang seperti busa yang dapat mengembang namun padat akan mengisi celah-celah tersebut, sehingga akan meminimalisir resiko perpindahan air pada beton.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!