Blog

HomeArtikelCara Menaikkan pH Kolam Renang yang Benar
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Cara Menaikkan pH Kolam Renang yang Benar

Perubahan komposisi kimia didalam air dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya akibat hujan dan partikel asing yang masuk ke kolam renang. Rendahnya pH air kolam renang dapat menyebabkan Korosi / karat pada aksesoris dan perlengkapan kolam renang yang berbahan logam, iritasi kulit dan terasa perih di mata pengguna kolam, Penurunan kadar klorin yang relatif cepat, serta kulit kepala akan terasa kering dan gatal setelah berenang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya rutinlah melakukan pengecekan, dan perawatan untuk selalu memastikan air kolam renang berada di tingkat ideal. Termasuk pH nya. Nah, jika pH kolam rendah, berikut ini cara tepat atau langkah yang benar untuk menaikkan tingkat pH ke kondisi ideal.

Lakukan pengujian pada kadar pH air kolam renang Anda. Gunakanlah tes kit untuk mengukur kadar atau tingkat pH air kolam renang. Rutinlah melakukan pengecekan kadar ini untuk memastikan kolam renang aman untuk digunakan. Lakukanlah pengetesan ini setidaknya dua minggu sekali untuk kolam renang yang frekuensi penggunaannya cukup sering. Catatlah hasil pengukuran tadi sebagai panduan selanjutnya untuk menaikkan tingkat pH ke arah ideal.

Pastikan Anda mengetahui ukuran dan volume kolam renang. Angka ini nantinya akan kita gunakan untuk menentukan dosis yang tepat untuk menstabilkan pH air kolam renang. Ukurlah volume air dengan rumus ruang bangun, Jika Anda masih menyimpan desain atau gambar dari kolam renang. Anda tinggal melihat gambar tersebut, dan menentukan volume airnya.

Masukkan natrium karbonat atau soda Abu. Bahan kimia yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan pH air kolam renang. Sebutan untuk natrium karbonat di pasaran mungkin berbeda-beda, jadi Anda cukup membeli dengan label natrium karbonat agar tidak terjadi kesalahan. Pastikan kolam renang Anda tidak dilapisi oleh plastik, serat ataupun vinyl. Berikut ini langkah-langkah tepat pengaplikasian natrium karbonat untuk kolam renang.

  1.  Nyalakanlah sistem sirkulasi air kolam renang.
  2. Masukkanlah natrium karbonat atau soda abu ini kedalam air saat kondisi sirkulasi kolam renang menyala. Agar natrium karbonat dapat tersebar merata.
  3.  Panduan dosis natrium karbonat sesuai volume air kolam renang keseluruhan.
    • Untuk meningkatkan kadar pH air dari 7,2 – 7,4. Gunakanlah :
      Soda Abu (gr) Volume Air (l)
      85 19.000
      170 37.900
      255 56.800
      340 75.700
    • Untuk Meningkatkan kadar pH air dari 7,0 – 7,2 Gunakanlah :
      Soda Abu (gr) Volume Air (l)
      115 18.900
      225 37.900
      340 56.800
      455 75.700
    • Untuk Meningkatkan kadar pH air dari 6,6 – 7,0 Gunakanlah :
      Soda Abu (gr) Volume Air (l)
      170 18.900
      340 37.900
      455 56.800
      630 75.700
  4. Diamkan selama kurang lebih satu jam dengan sistem sirkulasi yang masih berjalan. Setelah itu, ukurlah kembali kadar pH air kolam renang Anda untuk memastikan kondisinya meningkat ke ideal. Jika belum, lakukan kembali langkah 3, sesuai dengan pH yang ditunjukkan saat ini.

Tips : Pastikan Anda juga mengukur kandungan kimia air lainnya seperti kepekatan kalsium, kadar klorin, dan alkalinitas. Untuk lebih memastikan dan menjaga kandungan kimia air pada batas ideal dan aman digunakan.

Written by / 56 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!