Blog

HomeArtikelCara Membersihkan Kolam Renang dari Ganggang Hijau
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

Cara Membersihkan Kolam Renang dari Ganggang Hijau

Sebagai pengguna kolam renang tentu kita ingin kolam renang yang bersih dan sehat, sedangkan sebagai pemilik kolam renang, tentu saja menginginkan kolamnya tampak menarik dan mengundang minat seseorang untuk berenang dan bersantai di tepian kolam. Adakah seseorang akan tertarik untuk berenang jika melihat kolam renang yang hijau dan nampak kotor? Salah satu penyebab kolam renang hijau adalah gangang hijau. Gangang ini jika didiamkan saja akan terus berkembang dan menutupi permukaan air kolam dengan bentuk seperti lendir berwarna hijau transparant.

Ada banyak jenis gangang yang dapat tumbuh cepat di kolam renang, Namun, secara umum gangang hijau lah yang paling sering ditemui. Ganggang akan tumbuh secara optimal pada suhu yang hangat, di sinari matahari yang cukup, air memiliki kandungan nitrat ataupun karbon-dioksida. Pada dasarnya gangang ini ditemukan dalam kolamrenang Akibat dari proses sanitasi serta filtrasi yang buruk. Sehingga benih-benih gangang yang terbawa angin, terbawa pakaian perenang tidak melalui filter. Solusi utama adalah menjaga sistem sirkulasi kolam renang Anda, Memilih filter yang tepat akan membantu menjaga air kolam renang anda tetap jernih dan terbebas dari ganggang.

Selain mengapung di permukaan air, gangang hijau ini juga sering terlihat menempel pada dinding-dinding kolam renang. Sehingga terlihat seperti bintik-bintik pada sudut sudut dinding atau permukaan kolam renang.  Lalu, bagaimana cara membersihkan Kolam renang dari gangang hijau ini?

  1. Pahami Permasalahan yang Dihadapi.
    Memahami penyebab dari permasalahan tumbuhnya gangang ini akan sangat berguna untuk kedepannya. Maka, perlu di cek beberapa hal seperti apakah filter berjalan optimal, atau sistem sirkulasi itu berjalan dengan baik. Serta selalu ukur tingkat keasamaan pH air dan klorin.
  2. Bersihkan kolam renang
    Selain sirkulasi harus efektif, membersihkan kolam juga perlu manual. Seperti menggunakan jaring untuk menyaring dedaunan serta jika ada hewan2 yang engapung / mati di kolam perlu di ambil. Bahan-bahan organik seperti ini jika membusuk di air akan menyebabkan pertumbuhan bakteri,
  3. Gunakan Algasida ( Algaecide )
    Setelah bersih dan mengetahui permasalahan. sekarang saatnya membersihkan alga hijau tersebut dengan bantuan bahan kimi Algasida / Algaecide. Setiap produk memiliki dosis tersendiri. Untuk lebih memahami anda dapat membaca Tips Merawat Kolam Renang yang Benar.
  4. Di artikel tersebut juga terdapat cara lain. Yaitu menggunakan cara chlorine Shock. Namun ada beberapa jenis gangang yang kebal terhadap bahan kimia ini. Maka tips / cara nomor 3 biasanya lebih efektif untuk membasmi alga jenis ini. Karena makhluk hidup dapat membentuk sistem imun pada tubuhnya. Sehingga perlu diberikan shock / kejutan klorin sehingga sistem imun tidak mampu menampung hal tersebut.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!