Blog

HomeArtikelCara Membasmi Alga kuning atau mustrad
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Cara Membasmi Alga kuning atau mustrad

Ada bercak-becak kuning di dinding / lantai kolam renang? bisa saja itu adalah ganggang kuning atau alga mustard. Sama seperti alga jenis lainnya, spora atau benih dari alga ini dapat masuk ke kolam renang karena terbawa angin, hujan, atau dari pakaian pengguna kolam renang. Kondisi ideal bagi alga ini untuk tumbuh dan berkembang adalah suhu air yang sedang dan kandungan klorin di air kolam renang yang rendah. Alga kuning atau mustard ini bahkan dapat mengkontaminasi kolam renang walaupun sudah dilakukan perawatan rutin, keseimbangan kimia air yang ideal, dan tersirkulasi serta terfilterasi dengan baik.

Alga Mustard atau alga kuning ini mampu bertahan pada level klorin yang normal atau ideal, dan dapat kembali tumbuh di titik yang sama jika tidak di basmi hingga akarnya. Spora atau benih dari Alga kuning juga punya kemampuan bersembunyi dengan baik seperti di filter kolam renang Anda, atau menempelkan pada baju, barang-barang di kolam renang, peralatan pembersih, dan tempat-tempat yang cukup sulit di jangkau seperti pada pojok-pojok kolam renang. Lalu, bagaimana menangani serangan alga kuning / mustard di kolam renang Anda ?

Pertama, pastikan Anda mengidentifikasi jenis Alga yang menggangu kolam renang Anda secara tepat. Untuk alga kuning atau mustrad, berikut ini ciri-ciri yang bisa Anda jadikan pedoman mengidentifikasi jenis alga kuning.

  1. Melekat, lokasi tersembunyi, tidak mengapung atau melayang di permukaan air kolam renang
  2. Berwarna kuning dari kuning cerah hingga gelap
  3. Mudah hilang saat di sikat
  4. Berkembang pada tempat-tempat yang kurang terjangkau oleh bahan kimia, vakum, dll.
  5. Sering terlihat atau ditemui di bawah tangga, di belakang lampu kolam renang, dan didalam filter.

Ya, itu alga kuning / mustard, lalu bagaimana membasminya? Seperti yang diketahui, alga kuning sangat mudah hilang ketika di sikat, tapi hal tersebut tidak menyelesaikan permasalahan hingga ke akarnya. Jika Anda hanya menyikat dan memvakumnya, maka pada periode waktu yang singkat alga kuning akan muncul di tempat itu lagi. Nah, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menuntaskan Alga kuning hingga ke akarnya.

  1. Cuci semua baju renang, handuk, dan perlengkapan lain yang Anda gunakan saat berenang. Karena kemungkinan akan ada spora dari alga kuning yang bersembunyi di antara celah-celah kain yang sering Anda gunakan saat di kolam renang.
  2. Bersihkan Pernak – pernik yang ada di kolam renang, seperti bola, pelampung, peralatan yang digunakan untuk membersihkan kolam renang, dan aksesoris lainnya. Lakukan sterilasi pada pernak-pernik kolam renang Anda di luar air kolam renang. Anda dapat menggunakan larutan chlorine (jangan gunakan pemutih) dan merendam segala pernak – pernik tersebut di ember.
  3. Lakukanlah Vacuum buang pada area yang menjadi tempat pertumbuhan alga / gangang. Isilah air kolam renang Anda dengan air bersih hingga mencapai bagian tertinggi ketingian air kolam renang. Rakitlah peralatan vacuum kolam renang manual Anda )jangan gunakan vacuum otomatis pada kondisi ini) dan ubahlah tuas filter ke arah waste.
    Alga Mustard dapat hidup dan berkembang di filter kolam renang Anda, jadi jangan lah melakukan proses vacuum atau sirkulasi filter saat membersihkan alga kuning di kolam renang. Maka dari itu, inilah alasan kenapa kita menambahkan air bersih ke kolam renang hingga batas maksimal, agar saat dilakukan proses vacum buang, kolam renang akan cukup kehilangan air.
    Artikel TerkaitTips dan Cara Perawatan Kolam Renang : Penyedotan / Vacuum
  4. Teslah Kondisi Air kolam renang. Pastikan air kolam renang memiliki tingkat keseimbangan yang ideal. Lakukan penyesuaian dan pemberian bahan kimia jika diperlukan untuk menaikkan atau menurunkan tingkat keseimbangan air kolam renang. Kondisi kolam renang yang seimbang / ideal akan membuat shock treatment lebih efektif.
    Artikel Terkait : KESALAHAN saat Pengujian Air Kolam Renang
  5. Sikatlah Dinding dan lantai kolam renang menggunakan sikat khusus kolam renang. Pastikan Anda memiliki sikat khusus untuk kolam renang baik dari nylon atau dari kawat besi / tembaga (sesuai kondisi kolam renang). Lakukanlah penyikatan ke seluruh area kolam renang, dan lakukan sikatan lebih pada area tumbuhnya alga kuning / mustard, pastikan seluruh bagian dinding / lantai yang terlihat berwarna dan terdapat endapan terurai dengan proses penyikatan yang Anda lakukan. Terurainya alga / ganggang dari dinding-dinding dan area yang sulit dijangkau bahan kimia akan membuat klorin dapat bekerja pada alga yang terlarut saat Anda melakukan shock treatment.
    Artikel Terkait : Mengenal Tipe Alat di Kolam Renang
  6. Lakukan shock treatment. Sama seperti shock untuk pembasmian alga lainnya, Anda akan melakukan shock treatment untuk membasmi alga yang telah terlarut di air kolam renang (sudah tidak mengendap di area yang sulit di jangkau bahan kimia). pastikan Anda melakukan shock treatment pada sore atau malam hari, agar klori yag digunakan tidak tergangu oleh matahari, dan biarkan sistem sirkulasi dan pompa berjalan 24 jam sehari hingga permasalahan alga Anda selesai teratasi.
  7. Sikatlah kembali dinding dan lantai kolam renang di hari-hari berikutnya. Lakukanlah proses penyikatan secara rutin agar tidak ada sisa-sisa spora yang kembali menempel pada dinding dan lantai kolam renang.
  8. Setelah tidak ada tanda-tanda kembalinya alga ke dinding atau lantai area kolam renang, kami merekomendasikan Anda untuk melakukan shock treatment sekali lagi setidaknya 3 hari setelah shock yang pertama tadi. Hal ini untuk memastikan alga-alga atau spora alga yang masih tersisa dapat benar-benar terbasmi. Biarkan sistem sirkulasi tetap berjalan. Jika setelah shock kedua ini air kolam renang belum terlihat jernih, sangat kami rekomendasikan untuk segera menghubungi jasa perawatan air kolam renang di dekat daerah Anda.
  9. Setelah air kolam renang telrihat jernih, Anda dapat mematikan pompa. Langkah selanjutnya adalah membersihkan filter kolam renang. Setelah bekerja ekstra keras dari hari kehari menyaring sisa-sisa alga / gangang. Jangan biarkan spora alga dan gangang ini menutupi, berkembang , dan menyumbat filter kolam renang Anda. Pastikan Anda membersihkannya secara benar agar kotoran tidak keembali ke kolam renang dan media filter benar-benar bersih dari spora-spora alga.
  10. Lakukan pembersihan terakhir. sikatlah dinding-dinding area kolam renang dan lantai, kemudian jika dirasa perlu Anda dapat menggunakan bahan kimia untuk mengendapkan kotoran yang terlarut hingga akan mengendap di lantai kolam renang. Bahan kimia yang sering digunakan PAC atau Tawas. Setelah kotoran mengedap, lakukanlah proses vacuum buang dan sikatlah menggunakan kepala vakum pada area lantai hingga ke bagian pojok-pojok kolam renang.
  11. Setelah semua permasalahan alga kuning / mustrad selesai sampai ke akarnya, Anda dapat mengembalikan kondisi keseimbangan air kolam renang ke tingkat ideal setelah sebelumnya mengalami banyak perubahan akibat kinerja klorin membasmi kontaminan dan shock treatment. pastikan keseimbangan kimia air kolam renang kembali pada tingkat ideal sehingga aman digunakan.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP