Blog

HomeArtikelCara Membasmi Alga / Gangang Hitam Di Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Cara Membasmi Alga / Gangang Hitam Di Kolam Renang

Alga atau ganggang merupakan organisme tumbuhan sederhana yang tumbuh dan berkembang di air. Dari semua jenis alga / ganggang yang sering menggangu kolam renang, Alga hitam bisa dikatakan menjadi ganguan alga yang paling merepotkan untuk di hilangkan. Perlu diketahui bahwa setiap air kolam renang memiliki resiko mengalami permasalahan dengan alga / ganggang, karena spora atau benih-benih dari alga ini akan selalu ada di kolam renang baik terbawa oleh angin ataupun air hujan. Mereka hanya akan menunggu kondisi yang tepat untuk dapat berkembang. Nah, berikut ini cara untuk membasmi atau menghilangkan alga hitam yang telah menempel pada dinding kolam renang. Tapi, mencegah pertumbuhannya akan lebih mudah dibanding harus menghilangkan atau membasmi alga hitam yang telah mengkerak.

Langkah-Langkah Menghilangkan Alga Hitam

Pertama, sikatlah dinding dan lantai kolam renang setiap hari dengan sikat yang didesain khusus untuk kolam renang, berikan sikatan ekstra pada area alga hitam berkembang dan menempel di dinding atau lantai area kolam renang. Lapisan pelindung yang dimiliki alga hitam membuatnya kebal terhadap bahan kimia sinitasi yang biasa Anda gunakan seperti chlorine / kaporit. Jadi, kita perlu menyikatnya untuk mengurai dan mengikis lapisan pelindung ini sehingga klorin dan algaesida dapat melakukan tugasnya untuk membunuh organisme ini. Penting untuk diketahui, Alga atau ganggang hitam dapat membuat akar yang dalam saat menempel pada dinding area kolam renang, atau saat ia terkumpul di filter. Jika Akar dari organisme ini tidak hancur atau mati, alga akan tumbuh kembali di tempat itu, jadi gunakanlah chlorine berbentuk tablet dan menggosokkannya pada area yang terkontaminasi alga setelah menyikatnya.

Kedua, Tambahkanlah algaesida. Setelah menyikat dinding dan lantai kolam renang serta zona yang terdapat alga hitam, tambahkan algaesida yang memiliki basis kimia dari copper (tembaga) yang memiliki konsent aktif setidaknya 30%. Arahkan tekanan air return dari sistem sirkulasi ke bagian atau area yang terkena alga hitam.

Ketiga, Beri kejutan Shock Treatment, setelah algaesida merata dan terdistribusikan ke seluruh area kolam renang, lakukanlah shock treatment.  Sikatlah kolam renang secara continu setiap harinya. Setelah 3 hari, lakukan shock treatment lagi.

Keempat, Vakumlah Kolam Renang. Proses Vaccum kolam renang ini bertujuan untuk menghilangkan organisme alga yang telah mati dan berbagai debu yang mengendap di dasar lantai kolam renang. Jika diperlukan, berikan tambahan kimia pengendap seperti PAC atau Tawas sebelum proses vakum. bahan kimia ini berfungsi untuk mengikat kotoran dan memberatkannya sehingga terendap di lantai dasar kolam renang.

Kelima, Bersihkan filter, peralatan, dan pernak-pernik kolam renang. Spora dan kotoran alga tidak hanya dapat menyumbat filter dan membuat filter tidak efisien menjalankan tugasnya, tapi spora alga ini juga dapat berkembang di dalam filter kolam renang Anda tanpa Anda ketahui. Selain itu, bersihkan juga semua peralatan dan pernak pernik yang ada di kolam renang. Karena tidak menutup kemungkinan spora alga hitam sembunyi atau menempel pada benda-benda tersebut.

Keenam, Ujilah air kolam renang. Lakukanlah pengujian air kolam renang dan pen-idealan tingkat kimia air kolam renang kembali setelah permasalhan noda alga hitam terselesaikan. Untuk kedepannya, lakukanlah perawatan lebih rutin untuk mencegah agar alga hitam tak kembali lagi menggangu kolam renang Anda.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP