Blog

HomeArtikelCARA INSTALASI FILTER KOLAM RENANG YANG BENAR
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

CARA INSTALASI FILTER KOLAM RENANG YANG BENAR

Pada sistem perawatan air kolam renang harus terdapat satu atau lebih peralatan filter (penyaring). Ada beberapa tipe filter yang sudah dikenalkan pada artikel sebelumnya tentang Mengenal Sistem Sirkulasi Kolam Renang. Tipe atau jenis filter kolam renang di golongkan menjadi tiga berdasarkan bahan utama filter tersebut. Sand, Diatomaceous Earth (DE), dan Cartridge. Peralatan filter ini harus terinstal secara baik dan benar agar memudahkan dalam pengoprasian, perawatan, ataupun perbaikan filter tersebut.

Bagaimana cara instalasi / pemasangan filter kolam renang yang benar ? berikut ini kami jawab pertanyaan tersebut. Pada dasarnya cara instalasi filter kolam renang sudah tertera di setiap produk filter tersebut, Nah, pada artikel ini kami akan menunjukkan cara instalasi filter kolam renang dengan tipe Sand-Filter, sedangkan untuk tipe Cartridge dan DE tingal mengikuti dan menyesuaikan intruksi step by step ini.

Langkah 1
Sebelum memulai pemasangan / instalasi, Anda perlu menyiapkan pasir khusus yang dapat digunakan sebagai filter air kolam renang. Pada beberapa produk filter biasanya sudah ada yang satu paket dengan pasirnya, Namun, ada baiknya Anda juga mengetahui tipe pasir / sand tersebut, agar jika suatu saat perlu pergantian atau dirasa fungsi sand filter tersebut sudah tidak optimal Anda tidak repot lagi mencari bahan pengantinya.

Langkah 2
Saat meng-instal atau memasang filter, Anda perlu memasangnya dan menghubungkannya setelah pompa. Air kolam renang akan masuk melalui daya hisap pompa dan didorong kearah filter dan dari filter dengan memanfaatkan daya dorong pompa akan di saring melalui media filter pada hal ini pasir (sand) yang kemudian diarahkan kembali ke kolam renang Anda. Jika ada peralatan pengatur suhu maka air bersih ini akan diarahkan ke pengatur suhu ( Heater ) dan seterusnya hingga sampai ke kolam renang.

Langkah 3
Posisi atau letak pemasangan filter kolam renang dianjurkan tidak lebih dari 6 ft (72 inci) dari permukaan air kolam renang. Letakkan filter berdampingan dengan pompa sehingga daya tekanan / dorong pompa maksimal masuk ke filter serta akan memudahkan akses saat perawatan peralatan kolam renang.

Langkah 4
Sebelum Anda menghubungkan filter dengan sistem sirkulasi lainnya, Anda perlu merakit filter ini terlebih dahulu. Intruksi perakitan sudah tertera pada produk setiap filter, Anda tingal menyesuaikannya. Pertama, pastikan ukuran diameter lingkaran input dan output filter tersebut, Lalu berikan dua atau tiga lapis isolatip pada bagian Pembuangan Air (drain) dan pasangkan penutupnya. Pastikan bahwa Drain Cap sudah tertutup rapat.

Langkah 5
Isi tabung pada filter dengan air. Cukup sampai setengah 1/2 bagian dari tabung tersebut. Ini akan membantu pemadatan pasir saat di tuang ke dalam tabung sehingga dengan padatnya pasir ini akan meminimalkan jarak antar butir pasir yang kita gunakan sebagai filter.

Langkah 6
pembuatankolamrenang-43Selanjutnya Pasanglah pipa bagian dalam tabung. Pastikan bagian kecil pada pipa tersebut diposisikan menekuk ke atas sehingga dapat masuk kedalam tabung. Bagian tersebut tipis dan rapuh, jadi pastikan tidak ada kerusakan dan keretakan. Letakan pipa dan aksesoris lain dari pipa tersebut kedalam tangki.

Langkah 7
pembuatankolamrenang-44Setelah pipa tersebut masuk kedalam tabung, secara hati-hati posisikan kaki pipa tersebut 90 derajat dari posisi pipa utama. Salanjutnya pastikan bahwa pipa berada di tengah-tengah tabung / tangki.

Langkah 8
Berikan pelindung pada bagian atas pipa dengan menggunakan kertas / kardus tebal dengan membentuk V terbalik atau gunung. Hal ini untuk melindungi pipa tersebut dari tekanan pasir dari atas. Setelah dipastikan pelindung cukup kuat dan mampu menghalau pasir yang akan di tuang, Tuanglah pasir kedalam tabung secara perlahan. Isikan pasir sampai sekitar 6″ dari permukaan tabung.

Langkah 9
pembuatankolamrenang-45Rakitlah penutup tabung ringan, penutup tabung ini sering disebut cincin-O atau O-ring.

Langkah 10 

pembuatankolamrenang-46Lepaskan penutup pada pipa utama yang terdapat dalam tabung, lalu pasangkan O-ring dengan meenyesuaikan posisi center / tengah dari pipa dalam tabung berisi pasir tersebut. Pastikan telah terpasang dengan baik, lalu kencangkan skrup, baut, mur dll yang menjadi penguat dari penutup filter tersebut.

Langkah 11 

Selanjutnya instalasi sambungan ke arah Pompa, terdapat lubang lingkaran pada rakitan O-ring, Berikan beberapa lapis isolatip untuk menghubungkannya dengan pipa penghubung.

Langkah 12
pembuatankolamrenang-47pembuatankolamrenang-48Putar penyambung / perantara antar pipa. Gunakan kunci inggris dan putar antara 1/2 sampai 1, 1/2 putaran. jangan melebihi 1, 1/2 putaran karena akan menyebabkan loss. Buatlah penghubung dengan pipa pvc atau lainya dengan ukuran pendek saja. Pastikan bagian penghubung bersih sebelum memberikan lem pipa pada kedua bagian tersebut, lalu pasangkan potongan pipa tersebut dengan penyambung yang telah terhubung ke oring.

Langkah 13
pembuatankolamrenang-50pembuatankolamrenang-51
Sambungkan penghubung adapter pipa tersebut dengan pipa dari pompa. serta sambungkan return dengan pipa yang mengarah ke kolam. Juga hubungkan lobang pembuangan dengan pipa mengarah ke tempat pembuagan air.

Langkah 14
Kencangkan semua skrup baut murr atau pengencang lain pada filter dan pastikan telah maksimal. Pasangkan pelindung karet pada bagian atas pompa dan kencangkan juga.

Langkah 15
Filter telah selesai di pasang dan siap di oprasikan. Untuk intruksi penggunaan filter sudah tertera pada buku produk bersamaan dengan filter yang Anda beli.

Demikian langkah-langkah instalasi filter yang benar, semoga artikel ini dapat membantu Anda dan menjadi solusi untuk pemasangan filter di kolam renang Anda.

Written by / 36 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!