Blog

HomeArtikelBerapa suhu normal kolam renang ?
pembuatankolamrenang-61pembuatankolamrenang-61

Berapa suhu normal kolam renang ?

Setiap orang memiliki kesenangan yang berbeda-beda, termasuk kenyamanan saat berenang. Ada orang yang lebih senang berenang di kolam yang airnya agak dingin, ada juga yang senang di kolam renang yang hangat. Nah, pada artikel kali ini, kami akan sedikit berbagi pengalaman tentang pengaturan suhu air kolam renang. Jika pada kolam renang Anda terdapat perlengkapan pemanas / pengatur suhu air tentu Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatur suhu air, serta suhu yang normal untuk air kolam renang.  Berikut ini kami berikan sedikit referensi untuk Anda.

Suhu air pada kolam renang perlu disesuaikan dengan fungsi dari kolam renang tersebut.

Suhu air yang cinderung dingin akan sesuai untuk kolam renang yang digunakan untuk latihan kompetisi / olahraga.

Dalam kebanyakan kasus / pengalaman, kenyamanan kolam renang memang merupakan hal yang perlu selalu di jaga. Baik itu oleh pihak pengelola ataupun pengguna, menjaga kenyamanan kondisi kolam renang dan lingkungannya merupakan tanggungjawab bersama, terutama untuk kolam renang umum. Namun, ada kalanya pengguna / perenang tidak terlalu mempermasalahkan bagaimana suhu air, yang mereka inginkan hanyalah untuk dapat berenang secepat mungkin. Hal tersebut menjadi wajar jika kita membicarakan suatu kompetisi kolam renang / olah raga kolam renang. Dimana penggunanya menggunakan kolam renang untuk berlatih / bersaing.

Seorang olah ragawan / atletik memerlukan kondisi yang sedikit berbeda dari kondisi standar / rata-rata kolam renang biasa. Seorang atlit renang dapat dikatakan memerlukan kolam dengan air yang tergolong dingin dengan suhu sekitar 82 derajat f atau antara 26 – 28 derajat celcius. Jika kondisi air lebih hangat atau di atas rata-rata tersebut, maka atlit / olahragawan renang akan lebih cepat lelah dan peforma mereka dapat menurun.

Suhu air yang cinderung hangat akan sesuai untuk kolam renang yang digunakan untuk sarana umum / pemula / rekreasi.

Kebanyakan kolam renang di Indonesia ditujukan untuk sarana umum / rekreasi yang normalnya bersuhu antara 86 sampai 88 derahat f atau sekitar 30 derajat celsius. Pada kondisi suhu tersebut, kebanyakan orang lebih merasa nyaman untuk belajar berenang atau sekedar rileksasi. Namun, setiap kalangan umur tertentu memiliki tingkat suhu nyaman yang berbeda-beda. Untuk umur 3-5 thun akan lebih nyaman jika suhu kolam renang berkisar antara 86 – 90 derajat f. Umur 6-13 tahun akan cinderung nyaman pada suhu 84 – 86 derajat f. Gologan-golongan umur tersebut tidaklah menjadi masalah yang terlalu serius. Pada dasarnya, pengguna kolam renang secara umum akan nyaman berada di kolam renang dengan suhu normal.

Perlu menjadi catatan bahwa suhu air dan suhu udara / lingkungan merupakan 2 hal yang berbeda. Memilih suhu kolam renang juga perlu menyesuaikan dengan kondisi di lingkungan tersebut. Di indonesia sendiri, yang hanya memiliki dua musim, tentu tidaklah terlalu merepotkan. Pada dasarnya memilih kondisi suhu air sekitar 86-88 derajat F, hanya jika suhu udara / lingkungan sekitar 84 derajat F, tidak lebih panas dari itu.

Berikut ini tabel untuk mempermudah Anda dalam menentukan suhu air kolam renang

Aktifitas Suhu yang direkomendasikan
 Kompetisi / olah raga renang, latihan  26ºC  –  28ºC
 Rekreasi / latihan renang untuk dewasa  27ºC  –  29ºC
 Bersantai / berendam  28ºC – 30ºC
 Anak-anak 29ºC – 31ºC
 Bayi, Balita, 30ºC – 32ºC
 Terapi air 30ºC – 35ºC
 Kolam Spa 30ºC – 40ºC

Written by / 68 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!