Blog

HomeArtikelBagaimana Cara Membasmi Alga / Gangang di Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Bagaimana Cara Membasmi Alga / Gangang di Kolam Renang

Umumnya, membersihkan kolam renang termasuk memvakum dan menjalankan sistem sirkulasi serta filterasi akan menjaga kolam renang Anda tetap bersih. Akan tetapi, sering kali permasalahan gangang / alga muncul di kolam renang. Organisme organik dengan ukuran mikro ini dapat masuk ke kolam renang melalui hujan dan angin. Ketika organisme ini masuk ke kolam renang, ia akan menunggu untuk berkembang biak. Pada kondisi tertentu, gangang akan berkembang pesat, sehingga tidak menutup kemungkinan keesokan harinya ketika Anda melihat kolam renang muncul noda-noda tertentu seperti gel / lendir yang melayang-layang di air kolam renang atau menempel pada dinding / lantai kolam renang. Jika diabaikan, tidak akan butuh waktu lama kolam renang Anda akan berubah warna, untuk di daerah tropis seperti Indonesia, gangang hijau merupakan jenis alga yang paling sering menggangu kolam renang. Nah, untuk membasminya, kita akan memerlukan penyikatan di dinding dan shock treatment. Nah untuk membasmi alga / gangang, berikut ini cara terbebas dari ganguan tersebut.

Identifikasi Permasalahan

Sebelum menentukan tindakan, kita perlu mengetahui masalahnya seakurat mungkin. Karena, salah diagnosa akan mengakibatkan salah tindakan, dan kesalahan tidakan dapat menyebabkan hal lainnya. Nah, ketahuilah akar masalah yang terjadi di kolam renang Anda, banyaknya variasi alga / gangang, serta sistem imun dari setiap tipe menyebabkan beberapa tipe alga kebal terhadap shock treatment chlorine / kaporit.  Berikut ini beberapa jenis Alga / gangang yang sering muncul di kolam renang.

  • Alga / Gangang Hijau : jenis gangang yang paling sering mengangu kolam renang. Berbeda dengan jenis lainnya, gangang jenis ini terlihat berwarna hijau transparant melayang-layang di permukaan kolam renang seperti lendir / gel cair.
  • Alga / Gangang Hitam : Jika terdapat noda atau bercak hitam di dinding kolam renang, cobalah untuk merabanya, jika terasa licin seperti oli, maka itu adalah gangang hitam yang dikenal sulit untuk di hilangkan. Untuk membasmi alga/gangang jenis ini, kita akan memerlukan algaecide khusus, karena ia kebal terhadap chlorine.
  • Alga / Gangang Mustard : Alga jenis ini merupakan urutan kedua setelah ganggang hijau yang sering menggangu kolam renang. Sering terlihat mengapung apung di area kolam renang, jika Anda melihat nya, segeralah mengangkat nya dari area kolam renang, karnea jika ia terlanjur menempel pada dinding, akan sulit untuk menghilangkannya.

Selengkapnya tentang ganguan ganggang / algae dapat Anda simak di artikel Permasalahan Air Kolam Renang Akibat Alga / Ganggang

Penting untuk diingat.

JIka kolam renang Anda telah ditumbuhi gangang / alga, direkomendasikan untuk rutin membersihkan filter kolam renang. Lakukanlah backwash pada filter DE dan Sand, serta cucilah katrid filter setiap hari. Karena, organisme-organisme ini akan tersaring di filter dan menumpuk di sana. Selain itu, lakukanlah vakum buang dan pastikan ketingian air masih di batas ideal. Pastikan Anda melakukan Vakum biasa, hanya saat kondisi kolam renang stabil dan jernih. Menumpuknya gangang atau alga di filter dapat memperpendek umur media filter yang membuat Anda perlu menggantinya. Jangan pernah memvakum  pada mode BACKWASH, RINSE atau RECIRCULATE disaat kolam renang terdapat banyak kotoran. Hal ini sering menjadi kesalahan pemilik kolam renang. Ubahlah Tuas Kontrol ke arah Waste, dan arahkan pembuangan ke area yang tidak menggangu lingkungan. Tambahkan bahan kimia pengendap kotoran seperti PAC atau Tawas sebelum melakukan vakum buang. Sehingga proses vakum akan lebih efektif membuang kotoran yang mengendap di dasar kolam renang

Cek dan Sesuaikan keseimbangan kimia air kolam renang

Keseimbangan kimia air kolam renang menjadi bagian penting saat kita melakukan perawatan kolam renang. Pastikan Stabilizer (CYA) stabil berada di tingkat ideal agar chlorine di kolam renang tetap terjaga. pH dan TA harus berada pada batas normal / ideal, atau bisa di sesuaikan dengan bahan kimia yang akan digunakan untuk membasmi gangang. Karena setiap bahan kimia memiliki nilai pH tertentu untuk bekerja lebih optimal. Semisal chlorine akan terhambat kinerjanya ketika pH kolam renang terlalu tinggi (Basa), Nah untuk kasus tertentu, pH air kolam renang akan diturunkan(ke tingkat asam) untuk memaksimalkan kinerja disinfektan saat perawatan. Nah, sebelum menyeimbangkan pH pastikan Anda melakukan pengujian TA tidak terlalu rendah.

Lakukan Shock Treatment

Untuk gangang hijau, melakukan shock treatment menjadi metode yang paling ampuh, disamping memberishkan filter, menjalankan pompa 24 jam sehari (selama kondisi kolam renang masih mengalami gangguan). Lakukanlah shock treatment setiap hari hingga  kondisi air kolam renang terbebas dari tanda-tanda gangang / alga. Namun, shock ini tidak akan efektif untuk membasmi alga / gangang jenis mustrad dan alga hitam.

Lakukan Pengujian Ulang.

Setelah 24 jam, sikat dan vakumlah kolam renang untuk memastikan tidak ada kontaminan yang mengendap yang akan memicu munculnya alga di kemudian hari alam waktu singkat. Jika Anda masih melihat kotoran-kotoran atau kolam renang masih hijau, maka ulanglah proses shock dan menjalankan lagi sistem sirkulasi. Jika sudah tidak ada tanda-tanda dari gangang atau alga, Anda dapat mengembalikan kondisi keseimbangan air ke tingkat ideal.

Jika Anda mengalami gangguan oleh ganggang jenis lainnya, kami akan sangat merekomendasikan untuk menghubungi jasa perawatan kolam renang profesional yang ada di dekat daerah Anda. Karena, akan ada penyesuaian penyesuaian dengan kondisi di lapangan. Selain itu, Anda akan perlu menggunakan bahan-bahan kimia di luar bahan kima yang mungkin sudah anda kenal untuk prawatan rutin kolam renang. Maka dari itu, untuk keselamatan Anda dan kondisi kolam renang, kami merekomendasikan hal ini.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP