Blog

HomeArtikel8 Tips Keselamatan dan Keamanan Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

8 Tips Keselamatan dan Keamanan Kolam Renang

Sudah banyak berita-berita tentang meninggalnya seseorang akibat tenggelam di kolam renang. Ketinggian air yang hanya lebih sedikit dari tinggi seseorang saja, dapat menyebabkan kematian. Sekarang Anda sudah punya kolam renang pribadi ? jika sudah, maka sangat penting untuk untuk memikirkan hal-hal praktis yang dapat meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan di kolam renang Anda. Semisal dengan memberikan pagar di sekeliling area kolam renang, tentunya akan meminimalisir seseorang berenang tanpa izin atau pengawasan. Karena jika seorang anak berenang tanpa pengawasan, ia belum mengerti batasan-batasan ketinggian air kolam renang atau tulisan-tulisan peringatan yang ada di sekotar kolam renang. Tentunya akan sangat berbahaya membiarkannya bermain di sekitar kolam renang tanpa pengawasan dan perlindungan ekstra.

“Kolam renang seharusnya menyengankan”

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Saat ini, tidak ada satu produk di pasaran yang dapat memastikan 100% keselamatan penggunanya, tetap perlu untuk kehati-hatian dan pengawasan. Alat-alat keamanan ini hadir hanya untuk membantu Anda dalam meningkatkan keamanan kolam renang, tetaplah Anda yang perlu mengontrol peralatan ini. Semisal Anda memiliki pelindung (pool cover) kolam renang untuk keamanan, maka Anda harus selalu menutup kolam renang saat tidak ada rencana menggunakannya. Walaupun cover Anda otomatis ( menggunakan mesin scrolling), Anda tetap perlu memberikan input baik tombol maupun remote agar alat ini bekerja. Jika di kolam renang Anda terdapat pagar yang mengelilingi, tentunya Anda perlu selalu mengingat untuk mengunci pagar tersebut.

Hindari menggunakan kolam renang sendiri, terutama untuk kolam renang yang dalam. Jika Anda pemilik kolam renang, rutinlah untuk memantau jika Ada seseorang baik keluarga atau teman yang menggunakan kolam renang Anda. Kalo perlu temani saja mereka berenang, tentu lebih banyak rekan berenang lebih mengasikkan. Walaupun jika perenang tersebut lebih tua dari Anda, apalagi jika masih anak-anak, wajib adanya pengawasan orang tua.

Edukasi dan pemahaman bersama tentu sangat diperlukan. Ajari SEMUA anggota keluarga yang ada di rumah untuk dapat berenang. “masa iya, punya kolam renang gak bisa berenang 😉 ”, berbeda jika yang Anda miliki adalah spa untuk rileksasi 🙂 . Berilah pemahaman dan pengertian kepada Anak Anda, agar mereka selalu meminta izin kepada Anda atau orang yang lebih dewasa di kolam renang saat mereka ingin berenang. Jangan pernah membiarkan seorang anak kecil berenang tanpa adanya pengawasan dan jangan sampai ada anak teman Anda yang berkunjung ke rumah yang tiba-tiba berenang tanpa izin dari Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya kolam renang dilengkapi dengan pagar, untuk membatasi akses. Bukan bermaksud pelit, namun pastikan selalu ada pengawasan untuk keamanan bersama saat kolam renang digunakan.

Beberapa tips lainnya :

  1. Pastikan Anda hanya akan menyelam atau menggunakan papan pelompat untuk area kolam renang yang dikhususkan penyelaman.
  2. Buatlah larangan untuk bermain-main di area kolam renang, melompat, dan berlarian.
  3. Jangan mendorong orang lain ke kolam renang, berenang tanpa adanya pemanasan dan kaget sering kali membuat keram dan panik.
  4. Hindari menggunakan kolam renang yang lantai dasarnya tidak terlihat dari permukaan. ( terutama untuk Anda yang belum pandai berenang )
  5. Berilah pembatas dan tanda pada kedalaman kolam renang yang berbeda
  6. Pastikan keluarga, teman, atau orang yang menggunakan kolam renang Anda , mengetahui apa yang harus di lakukan jika dalam keadaan darurat
  7. Ingatkan orang tua teman Anda untuk mengawasi Anaknya jika sedang bertamu.
  8. Jangan menggunakan produk-produk makanan, minuman, dll yang terbuat dari kaca / glass di dekat area kolam renang

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Ada lebih banyak tips, Buat kolam renang Anda aman dan menyenangkan. Tips-tips ini hanya sebagai pengingat, Anda dapat memikirkan dan memperhitungkan secara lebih spesifik apa yang kolam renang Anda butuhkan untuk keamanan bersama. Pastikan Anda menutup kolam renang dengan cover, jika hendak berpergian cukup lama agar tidak ada hewan, dedaunan, dan kotoan lainnya yang masuk ke kolam. Keamanan dan kenyamanan tentu tak lepas dari keseimbangan dan kesehatan air kolam renang, pastikan juga Anda selalu merawaat dan menjaga kondisi kesehatan air kolam renang.

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP