Blog

HomeArtikel8 Tips Aman Saat Penggunaan Bahan Kimia di Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

8 Tips Aman Saat Penggunaan Bahan Kimia di Kolam Renang

Saat melaksanakan perawatan menggunakan bahan kimia, tentu Anda perlu menguji kandungan keseimbangan air kolam renang terlebih dahulu atau mengidentifikasi permasalahan yang ada di kolam renang. Karena setiap permasalahan dan setiap kolam renang akan memerlukan chemical treatments yang berbeda. Baik dari jenis bahan kimia yang digunakan ataupun kadar / dosis / takaran bahan kimianya.

Untuk melakukan pengujian kondisi air, kita akan membutuhkan seperangkat alat uji, baik itu strip atau alat uji khusus yang di buat untuk kolam renang. Di pasaran sudah banyak di perjual belikan satu set alat uji kolam renang yang biasanya sudah dilengkapi dengan reagennya. Setiap alat memiliki cara penggunaan yang berbeda, keterangan cara penggunaan ini tertera pada label produk alat yang Anda beli. Bacalah intruksi penggunaan tersebut dengan cermat, agar hasil uji yang kita dapatkan akurat. Selain itu, setiap alat juga memiliki tingkat keakurasian yang berbeda-beda. Semakin akurat hasil uji akan membuat kita lebih mudah mengidentifikasi kondisi air kolam renang, dan melaksanakan chemical treatment secara tepat sesuai kondisi tersebut.

Nah, dalam penggunaan bahan kimia saat chemical treatment perlu beberapa alat keselamatan yang harus digunakan. Seperti kacamata pelindung, sarung tangat yang tahan terhadap bahan kimia, masker dan direkomendasikan untuk menggunakan celana panjang serta baju lengan panjang untuk melindungi kulit. Selain melengkapi dan menggunakan alat keamanan saat berinteraksi dengan bahan-bahan kimia. Berikut ini ada beberapa tips agar meminimalisir terjadinya kesalahan saat mengaplikasikan obat kimia untuk perawatan kolam renang.

  1. Bacalah selalu intruksi yang tertera pada label bahan-bahan kimia. Termasuk tingkat konsentrat dari bahan tersebut.
  2. Jangan pernah mencampurkan bahan kimia satu dan lainnya sebelum mengaplikasikannya di air kolam renang. Reaksi yang berbahaya dapat terjadi jika Anda mencampurkan satu bahan kimia dengan lainnya.
  3. Jangan menggunakan botol atau wadah kimia produk dan jenis lain dengan bahan kimia yang berbeda. Disarankan, buanglah botol atau wadah yang sudah habis, atau carilah wadah khusus untuk menyimpan bahan-bahan kimia dengan disertai label keterangan.
  4. Simpanlah bahan-bahan kimia di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung, area yang kering, dan pisahkan bahan kimia satu dan lainnya seperti dijelaskan di poin 3.
  5. Hindari dari jangkauan anak-anak, serta jangan serahkan pelaksanaan chemical treatment pada anak-anak.
  6. Idealnya, saat mengaplikasikan bahan kimia ke kolam renang, larutkanlah bahan kimia di wadah yang sudah terisi air sebelumnya. Dengan perlahan campurlah bahan kimia sesuai takaran yang diperlukan dan aduklah untuk mempercepat proses pelarutan. Baru setelah itu tuangkan wadah berisi larutan kimia tadi ke kolam renang. Bilaslah wadah dengan air bersih.
  7. Wadah kimia yang sudah kosong harus Anda cuci dan bilas di luar area kolam renang, dan jauh dari tanaman-tanaman. Disarankan, Anda memiliki wadah pembuangan / peresapan libah bahan kimia agar tidak mencemari lingkungan.
  8. Cucilah tangan Anda setelah menyelesaikan chemical treatment. Walapun Anda menggunakan sarung tangan, pastikan mencuci tangan setelah berinteraksi dengan bahan-bahan kimia.

Itulah beberapa tips yang dapat meminimalisir kesalahan saat berinteraksi dengan bahan kimia perawatan kolam renang. Pastikan Anda selalu memperhatikan keselamatan kerja terutama saat berinteraksi dengan bahan – bahan kimia. Jangan pernah menyepelekan chemical treatment. Karena kelengahan Anda dapat berbahaya bagi kesehatan  Anda, Keluarga, dan lingkungan sekitar. Mintalah saran dan panduan untuk memperoleh buku panduan manual perawatan kolam renang pada kontraktor yang membangun kolam renang Anda.

Written by / 79 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!