Blog

HomeArtikel8  Alasan Untuk Memiliki Cover Kolam Renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

8  Alasan Untuk Memiliki Cover Kolam Renang

Selain menjaga kebersihan kolam renang dan merawat peralatannya, memiliki cover atau penutup kolam renang akan sangat membantu untuk menjaga kondisi kolam renang Anda. Singkatnya, dengan memiliki cover kolam renang , Anda dapat mengurangi dampak penguapan air, menghemat energi, dana, dan waktu. Sangat direkomendasikan memiliki cover kolam renang terutama jika Anda memiliki kolam renang pribadi dan berada di luar ruangan.

Kemungkinan saat ini kolam renang Anda masih dalam keadaan jernih, tenang, dan kondisinya bisa di bilang perfect. Dengan beragam kerja keras Anda untuk menjaga dan merawatnya baik sendiri maupun dengan menyewa jasa perawatan memang dapat menjaga kondisi kolam renang. Nah, seberapa sering kolam renang itu di gunakan, apakah setiap hari, atau hanya saat-saat tertentu seperti hari libur, musim kemarau, dan ketika ada acara keluarga. Jika frekuensi penggunaan kolam renang tidak bersifat continu dan hanya pada moment-moment tertentu, kami rekomendasikan Anda memiliki cover untuk kolam renang tersebut.  Anda juga akan membutuhkan cover ini untuk menjaga kebersihan kolam renang saat Anda dan keluarga meninggalkan rumah dalam kurun waktu yang cukup lama. Semisal saat Anda mudik, pastikan kolam renang tertutup, sehingga saat pulang ke rumah Anda tidak dipusingkan oleh kotornya kolam renang.Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Anda dapat menutup area kolam renang dengan cover dan menjaga kondisinya dari dedaunan yang jatuh, kotoran-kotoran dari luar, mengurangi volume air hujan yang masuk ke kolam, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini ada 8 alasan untuk memilih memiliki cover kolam renang sebagai salah satu fitur yang dapat membantu Anda dalam menjaga dan merawat kondisi kolam renang Anda.

Mengurangi penguapan air kolam renang.

Terutama di musim kemarau yang akan datang dalam bulan-bulan dekat ini, tentu suhu musim ini akan mempengaruhi kondisi kolam renang Anda. Musim kemarau atau musim panas akan mempercepat penguapan air kolam renang Anda.  Sehingga ada kemungkinan ketinggian permukaan air kolam akan turun cukup drastis, hari-demi-hari ketinggiannya semakin menurun. Tentu saja Anda akan perlu menambahkan debit air tambahan dari luar. Baik itu dari sumber air tanah / sumur ataupun dari PDAM. Setelah menambahkan air Anda perlu menyalakan sistem sirkulasi sehingga air tambahan dan air kolam renang dapat tercampur rata. Lalu melakukan serangkaian tes keseimbangan kondisi air.

Nah, dampak penguapan ini dapat Anda kurangi jika memiliki cover kolam renang. Anda dapat menutup kolam renang saat waktu-waktu sibuk, dan baru membukanya di saat liburan atau akan menggunakan kolam renang tersebut. Dengan memiliki tutup, dan meminimalisir penguapan air tentu akan meminimalkan adanya penambahan air dari sumber luar. Sehingga Anda dapat menghemat dana, tenaga, dan tentusaja waktu.

Mengurangi penggunaan bahan kimia penjernih air.

Memiliki cover kolam renang juga mampu mengurangi frekuensi penggunaan bahan kimia untuk menjaga kejernihan dan kesehatan air kolam renang Anda. Karena dengan tertutupnya kolam renang, akan mengurangi dampak-dampak dari lingkungan luar dan kondisi kolam cinderung terjaga stabil. Terbukti bahwa memanfaatkan cover kolam renang mampu mengurangi penggunaan bahan kimia kolam renang (chemical) mulai dari 35% hingga 60% dari frekuensi dan kadar biasanya.

Menjaga Suhu Hangat Kolam Renang Spa.

Kolam renang spa yang memerlukan Heater untuk memanaskan air tentu suhunya akan turun saat malam hari. Sehingga suhu air akan kembali ke normal atau dingin. Nah, Saat akan menggunakan kolam renang, maka heater akan bekerja dari 0 dan menaikkan kembali ke suhu yang telah di set. Jika Anda memiliki cover kolam renang Spa, maka akan mengurangi turunnya suhu akibat pengaruh lingkungan. Ibaratkan secangkir kopi, jika permukannya kita tutup tentu panasnya akan lebih awet di bandingkan kita buka.  Namun dalam kurun waktu tertentu, walaupun di tutup tetap saja suhu akan menjadi  normal. Perbedaan waktu ini cukup signifikan, terutama untuk kolam renang spa bersifat komersil yang frekuensi penggunaanya cukup sering.

Contoh kejadiannya, jika penyedia layanan permandian air hangat buka dari pagi hingga malam hari, maka ia dapat menggunakan cover kolam renang spa saat malam hari, atau saat tutup. Sehingga di pagi harinya, kondisi air masih hangat, dan mengurangi  kinerja heater dibandingkan jika ia bekerja dari kondisi suhu air normal. Jelas akan menghemat konsumsi energi dari heater itu sendiri, salah satunya listrik.Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

Menjaga air dari debu, ranting, hewan-hewan, dan kotoran dari lingkungan lainnya.

Jika kolam renang tanpa tutup atau cover, saat malam hari atau saat tidak adanya pengawasan tentu kita tidak tau jika ada dedaunan yang jatuh, ranting, ataupun hewan-hewan yang masuk ke kolam renang. Hal-hal organik ini, jika terabaikan akan memicu perkembangbiakan bakteri dan alga. Solusinya adalah dengan memiliki cover kolam renang, sehingga Anda tidak perlu kuwatir saat meninggalkan rumah cukup lama. Dengan cover ini, akan mengisolasi air kolam renang dari kotoran lingkungan luar, bahkan dari debu-debu yang berterbangan di udara.

Mengurangi frekuensi perawatan air.

Dengan berkurangnya kotoran, debu dan berbagaimacam dampak lingkugnan terhadap kolam renang Anda, tentu memiliki cover juga akan berdampak positif mengurangi frekuensi perawatan air kolam renang. Bukankah sangat bermanfaat? mengurangi konsumsi energi listrik untuk proses vaccum, perawatan, chemical dan lain sebagainya. Lalu masih bimbang untuk memiliki cover kolam renang?

Menghemat Dana.

Beragam manfaat memiliki cover kolam renang sudah jelas diterangkan di atas, yang tentunya akan berdampak positif juga untuk mengurangi pengeluaran Anda. Pengeluaran untuk penggunaan energi listrik, pembelian bahan-bahan kimia, meminimalisir anggaran untuk menyewa jasa perawatan kolam renang. Kami yakin Anda dapat membayangkan perbedaannya.

Mengurangi penggunaan energi.

Seperti telah diterangkan sebelumnya, untuk kolam renang jensi spa, yang memanfaatkan heater untuk pemanas air kolamnya, tentu memerlukan energi. Nah, penggunaan energi heater ini  akan berkurang seiring dengan meminimalisir penurunan suhu air kolam di malam hari. Baik energi listrik, atau heater Anda menggunakan gas, bahkan dengan memanfaatkan energi mata hari. Penghematan energi ini juga tentu berdampak pada penghematan dana. Hemat Energi = Hemat Dana. Semacam situasi yang menawarkan solusi win-win kan. Hehehe…

Dapat Membantu Keselamatan.

Cover kolam renang juga dapat menghambat atau mengurangi resiko saat seseorang tidak sengaja tergelincir ke area kolam renang. Kondisi panik saat tergelincir atau terjatuh ini dapat menyebabkan ia panik dan kesulitan untuk berenang. Terlebih lagi jika Anda memiliki seorang anak balita, yang sedang aktif-aktifnya eksplorasi. Keamanan dan keselamatannya tentu menjadi prioritas utama.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP