Blog

HomeArtikel6 Faktor Pencahayaan Kolam Renang Yang Wajib Diketahui
pembuatan kolam renang jogjapembuatan kolam renang jogja

6 Faktor Pencahayaan Kolam Renang Yang Wajib Diketahui

Jika anda cukup beruntung memiliki kolam renang pribadi di rumah, atau anda sedang merencanakan membangun kolam renang di rumah. Maka, tidak ada salahnya jika mempertimbangkan juga pencahayaan kolam renang Anda. Selain sebagai media penerangan saat malam hari, sistem pencahayaan pada kolam renang dapat membantu di tata sedemikian rupa agar mempercantik kolam renang Anda.

Secara mendasar, pencahayaan pada kolam renang dapat kita kelompokan menjadi dua macam berdasarkan pada peletakannya. Pencahayaan dari atas dan pencahayaan dari bawah permukaan air. Bahan-bahan yang digunakan untuk instalasi pencahayaan kolam renang tentu berbeda dengan bahan yang digunakan untuk pencahayaan gedung / rumah. Karena perlu penyesuaian khusus baik dari segi lingkungan (basah/kering) , keamanan, daya tahan, dan sebagainya. Perlu ada pertimbangan untuk memilih bahan seperti kabel, pelindung, pemilihan sumber penerangan, dan lain-lain.

Enam Faktor Pencahayaan Kolam renang Yang Wajib Diketahui.

  1. Keamanan

    Keamanan selalu menjadi fokus utama, apalagi jika berkaitan dengan listrik. Suasana lingkungan kolam yang lembab dan basah dapat menjadi ancaman bagi pengguna jika terdapat kabel yang bocor, terkelupas. Itulah sebabnya keamanan menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Baik dalam pemilihan bahan kabel, penerangan, tengangan, instalasi, dan sebagainya. Keamananlah yang paling diutamakan.

    Sebagai kontraktor / jasa pembuat kolam renang, haruslah memiliki dasar / standar oprasional kerja yang mengutamakan segi keamanan, entah itu dalam proses pembangunan (pondasi beton dinding lantai), sistem sirkulasi, bentuk kolam, tangga kolam, serta yang sedang kita bahas saat ini Instalasi pencahayaan pada kolam renang haruslah mengutamakan keamanan. Setelah itu barulah kenyamanan.


  2. Pemeliharaan (Maintenance)

    Kenyamanan , kemudahan dalam proses perawatan serta pemeliharaan tentu menjadi pertimbangan sendiri saat menentukan pemposisian sumber pencahayaan. Saat sumber cahaya / lampu  rusak / mati, dan perlu penggantian, atau saat membersihkan  / perawatan.

    Mempertimbangkan ini saat menentukan posisi pencahayaan akan sangat membantu. Itulah sebabnya kenapa banyak kolam renang yang menggunakan pencahayaan pada sisi luar kolam renang, di pinggir-pinggir kolam. Terutama pada kolam renang pribadi ada baiknya menghindari pencahayaan langsung dari atas kolam, karena akan menyulitkan pada saat proses pemeliharaan.

    Sedangkan, untuk penerangan dari bawah permukaan air, ada baiknya memilih sumber cahaya yang tidak berada langsung di bawah air. Karena akan sangat menyulitkan proses pemeliharaan. Bayangkan jika Anda harus menyurutkan air jika hanya ingin mengganti LED / Sumber penerangan di bawah. Tentu sangat tidak efektif. Ada baiknya memilih menggunakan kabel serat optik untuk menghantarkan cahaya dari luar kolam menuju dasar kolam. Selain aman, akan mempermudah dalam proses pemeliharaan.


  3. Jangkauan Sebar Cahaya

    Jika membahas sistem pencahayaan, tentu tidak akan lepas dari sebar cahaya itu sendiri, tingkat sebaran cahaya perlu dipertimbangkan dengan menyesuaikan bentuk atau lingkungan sekitarnya. Pemosisian antara satu sumber cahaya dengan lainnya perlu memperhatikan hal ini. Setiap tipe sumber cahaya memiliki daya sebar cahaya masing-masing yang telah tertera pada setiap prodak nya. Oleh sebab itu pemilihan sumber cahaya seperti LED untuk kolam renang Anda, perlu disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.
    Hal ini juga berkaitan dengan poin selanjutnya, penyesuaian bentuk dan luas lingkungan.


  4. Penyesuaian Bentuk dan Luas lingkungan

    Tidak hanya diatas permukaan kolam, pencahayaan juga diperlukan dibawah permukaan kolam renang, Selain untuk memperjelas batas-batas kolam, juga dapat digunakan untuk memperindah nuansa warna kolam saat malam hari. Pemberian penerangan pada bagian dasar kolam juga akan mengurangi reflektansi cahaya permukaan air.
    Peletakan / pemosisian sumber cahaya pada bagian bawah permukaan air, perlu memperhatikan bentuk kolam, serta Jangkauan sebar cahaya didalam air. Pemilihan warna, serta penyesuaian lainnya seperti telah dijelaskan sebelumnya dapat memberikan nuansa tersendiri di saat malam hari.
    Banyaknya sumber cahaya serta pemilihan jenis sumber cahaya perlu menyesuaikan Bentuk serta luas dari kolam itu sendiri, agar sebaran cahaya di dasar kolam efisien.


  5. Reflektansi Cahaya

    Permukaan air kolam renang dapat dikatakan menjadi Cermin yang sangat besar untuk memantulkan langit-langit serta lingkungan terang. Akankah hal tersebut mengganggu pandangan pengguna , ataukan akan memperindah kolam renang ? Hal ini tergantung pada peletakan sumber cahaya dengan memperhatikan poin poin sebelumnya. Pencahayaan dari bawah permukaan kolam renang juga dapat mengurangi efek cermin ini.

    Prosedur tata letak / dekorasi yang benar dan cermat pada kolam renang serta  pencahayaannya dapat mempercantik kolam renang Anda, Namun jika tidak sesuai justru akan menggangu pandangan visual mata akibat efek tersebut.


  6. Fungsional

    Terakhir, kembali pada fungsi dari pencahayaan itu sendiri, efek cahaya yang memperindah dan mempercantik kolam adalah bonus, namun fungsi dari pemberian cahaya tersebut jangan dilupakan. Memperjelas batas-batas kolam saat malam hari, memperjelas posisi tangga, kedalaman, merupakan fungsi utama pencahayaan pada kolam renang.


Demikianlah artikel tentang enam faktor pencahayaan kolam renang yang wajib diketahui, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan menambah wawasan pembaca tentang pencahayaan kolam renang. Terimakasih.

Written by / 30 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

Like Fanspage Kolamrenangpro
Or wait 15 seconds
error: Content is protected !!