Blog

HomeArtikel5 tips yang perlu di ingat saat mempersiapkan kolam renang
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

5 tips yang perlu di ingat saat mempersiapkan kolam renang

Memasuki musim kemarau, sudah saatnya Anda mempersiapkan “pool opening” dengan berbagai persiapan baik peralatan, bahan, dan tentunya waktu luang bagi Anda yang ingin membuka kolam renang untuk menyambut musim kemarau di Indonesia. Di musim panas / kemarau, ketertarikan seseorang untuk berenang lebih tinggi karena suhu lingkungan yang panas. Tentunya kolam renang Anda harus siap sedia dan siap pakai. Kesejukan air, kejernihan yang segar,  dan tentunya tidak ada rasa kuawir akan kesehatan air kolam renang menjadi faktor penting yang harus dijaga.

Untuk membuat kolam renang “Siap Pakai”, terutama setelah lama di tutup saat musim hujan, tentu perlu adanya perawatan ekstra baik air, dek, dinding, lantai kolam renang. Akan banyak aktifitas dan kegiatan yang harus Anda persiapkan dan lakukan sebelum meastikan kolam renang layak untuk digunakan. Berikut ini 5 tips sederhana yang dapat menjadi pengingat Anda saat mempersiapkan kolam renang hingga layak pakai.

  1. Buka cover kolam renang. Jika kolam renang Anda di tutup dengan cover kolam renang selama musim penghujan karena tidak digunakan, maka Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka cover tersebut. Umumnya, perlu lebih dari satu orang untuk membuka cover ini secara rapi dengan menggulungnya dari sisi satu ke sisi lainnya. Berbeda jika cover kolam renang Anda dilengkapi dengan mesing penggulung . Bersihkan cover kolam renang dengan cara mencuci, menyikat dan membilasnya sebelum menyimpannya kembali ke gudang penyimpanan.
  2. Apa Warna air kolam renang ? Jawaban dari pertanyaan ini akan membantu Anda untuk memputuskan apa yang perlu dilakukan untuk perawatan air kolam renang. Jika setelah cover dibuka air terlihat jernih, maka Anda hanya perlu melakukan perawatan standar dan menyeimbangkan air kolam renang. Tapi sering kali, jika kolam renang lama tak di gunakan dan terabaikan, akan banyak tumbuh alga atau gangang yang mempengaruhi kejernihan dan warna air kolam renang. Setiap karakteristik alga memeiliki ciri-cirinya sendiri, umumnya di Indonesia sebagai daerah tropis, Alga hijau paling sering mendominasi gangguan pada kolam renang. Dengan melihat kondisi ini, Anda dapat memutuskan pertolongan atau perawatan air apa yang perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi air ke jernih.
  3. Chemical apa yang harus Anda pilih untuk perawatan kolam renang? Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa chemical atau bahan kimia memiliki peran penting dalam perawatan dan mengatasi berbagai masalah air kolam renang. Penggunaan bahan kimia tentu perlu di iringi dengan pengetahuan yang cukup, agar tepat sasaran, efektif dan aman. Umumnya, sebagai sinitasi air chlorin menjadi bahan kimia yang paling sering di andalkan terutama di Indonesia. Pastikan Anda mengikuti aturan dan cara aman saat berinteraksi dengan bahan kimia. Banyak bahan kimia untuk kolam renang yang di sediakan toko-toko bersamaan dengan penyedia perlengkapan perawatan kolam renang. Pemilihan bahan kimia tentunya disesuaikan dengan kondisi kolam renang atau permasalahan yang sedang terjadi di kolam renag Anda. Kontak jasa perawatan kolam renang di daerah Anda untuk mendapatkan infomrasi lebih lengkap dan dibantu dalam penanganan dan perawatan kolam renang.
  4. Apakah pompa dan filter kolam renang berkerja optimal ? di samping bahan kimia, sistem sirkulasi dan elemen-elemen mesinnya perlu juga diperhatikan, agar bahan kimia kolam renang dapat lebih efektif dan tercampur secara merata di kolam renang. Jika pompa kolam renang sempat mati selama berbulan-bulan, ada kemungkinan pompa akan macet atau tidak menyala saat pertama kali Anda hidupkan. Percaya atau tidak, pompa kolam renang di rancang khusus untuk menangani pekerjaan secara continu, jadi jika sempat terdiam / vakum selama berbulan-bulan bisa jadi terjadi karat atau korosi pada beberapa bagian pompa yang menyebabkan pompa mati dan rusak. Walaupun kolam renang tidak digunakan, periksalah kondisi peralatan-peralatan untuk menjaga kinerja dan umur peralatan kolam renang. Bacalah tentang cara perawatan pompa agar tetap awet. Selain pompa, pastikan Anda juga membersihkan media filter secara teratur, terutama juga saat pertama kali pembukaan kolam renang, pastikan media filter bersih sehingga dapat menyaring air kolam renang secara optimal.
  5. Kolam renang sudah bersih, kondisi air sudah seimbang dan ideal, lalu apa langkah selanjutnya? Lakukan pemeriksaan pada peralatan-peralatan kolam renang. Cek kondisi pompa, filter, pipa, apakah ada yang mengalami permasalahan seperti kebocoran atau retakan kecil. Pastikan Anda juga membersihkan daerah sekitar lokasi pompa filter dan sistem pemipaan kolam renang. Pastikan juga tidak ada sarang laba-laba, jalur semut, sarang serangga lainnya di sekitar pompa dan filter kolam renang Anda. Karena hewan kecil ini dapat bersarang di mesin pompa yang tentunya dapat membuat umur pompa turun drastis dan bahkan rusak.

Tentunya ada banyak aktifitas dan kegiatan saat proses pembukaan kolam renang ini, sehingga tidak dapat di perinci satu persatu. Karena tiap kolam renang memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perlu penanganan khusus dan spesifik agar lebih optimal dan sesuai kondisi sebenarnya. Banyak pertimbangan-pertimbangan yang perlu di perhatikan terutama saat menggunakan bahan kimia untuk kolam renang. Jika Anda ragu-ragu, lebih baik menyerahkan perawatan kolam renang Anda kepada tim ahli PROfesional di daerah Anda yang akan membantu Anda mempersiapkan kolam renang untuk menyambut musim kemarau dengan kesegaran, kenyamanan, dan tentunya tanpa kuwatir akan kesehatan air kolam renang.

 

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP