Blog

HomeArtikel5 Tips Penghematan Biaya Perawatan Untuk Kolam Renang Anda
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

5 Tips Penghematan Biaya Perawatan Untuk Kolam Renang Anda

Setiap kali jasa perawatan atau kontraktor berkomunikasi dengan Anda, untuk membahas tentang kolam renang yang Anda miliki, ada kemungkinan ia akan menawarkan beberapa prodak ada saran untuk memiliki suatu fitur yang terinstalasi di kolam renang. Nah, yang jadi pertanyaan, apakah ia menawarkan agar prodaknya laku untuk mendapatkan keuntungan, ataukan demi kebaikan dan kelanjutan kolam renang Anda. Tentu saja, hanya Anda sebagai client dan konsumen yang dapat menilainya. Akan tetapi, pada artikel kali ini kami ingin berbagi beberapa hal yang dapat Anda lakukan dan miliki untuk menghemat cukup dana dan tenaga untuk kedepannya. Kami selalu berusaha netral dan tidak menyingung nama suatu brand atau prodak tertentu, silahkan Anda yang memilih tipe, jenis, merek dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut ini 5 tips dan trik yang dapat menghemat tenaga dan biaya dalam perawatan kolam renang Anda untuk jangka kedepannya. Perawatan mudah, Tanpa Menimbulkan Stress, dan Nikmati Kolam renang yang selalu terjaga kejernihan dan kesehatannya.

Artikel Terkait : – Tips Membuat Air Kolam Renang Tetap Jernih


1) Simpanlah Kepala Vakum Anda Secara Benar


Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaSalah satu pemborosan dana yang cukup sering kami temui di lapangan adalah penggantian kepala vakum karena bulu sikat yang ada di bawahnya rapuh, rontok, dan rusak. Nah, untuk menjaga agar kepala vakum awet, simpanlah pada suatu ruangan yang terhindar dari sinar matahari langsung dan posisikanlah dengan benar, yaitu kepala vakum berada di atas. Karena, jika bulu sikat kepala vakum sering kali berada di bawah, keelastisannya saat menahan beban akan menjadi tidak lurus lagi dan melengkung. Hal ini menyebabkan bulu sikat pada kepala vakum tidak dapat evektif lagi menyapu dan mengurai kotoran di dasar kolam renang Anda.


2) Miliki dan gunakanlah cover kolam renang


Pilihlah cover kolam renang yang ditujukan untuk menghalau sinar matahari, karena cover ini bertekstur rapat dan tidak ada celah untuk menjaga agar air kolam renang tidak terkena sinar matahari langsung saat tidak digunakan. Terutama jika Anda memiliki fitur pemanas atau heater di kolam renang, memiliki solar cover merupakan hal yang wajib. Karena, ketika udara dingin di malam hari, dengan menggunakan cover akan tetap menjaga kestabilan suhu air kolam renang dan cukup menghambat perubahan suhu akibat suhu dingin di malam hari. Jika Anda membiarkannya terbuka, air kolam renang akan dingin di malam hari, dan pada keesokan harinya Anda memerlukan lebih banyak daya listrik untuk memanaskan kembali suhu air kolam renang pada tingkat suhu yang diinginkan.

Selain itu, memiliki cover juga akan sangat berguna ketika kolam renang lama tidak digunakan, selain menghalau debu dan kotoran yang dapat masuk ke air kolam renang, cover kolam renang juga dapat meminimalisir air hujan yang masuk membawa berbagai macam kontaminan.

Atikel Terkait : – 8 alasan untuk memiliki cover kolam renang


3) Gunakanlah Soda Kue (Baking Soda) dari pada Produk Peningkat Alkalinity kolam


Soda Kue merupakan alternatif bahan kimia yang dapat Anda gunakan untuk menaikkan kadar alkalinity di kolam renang. Akan tetapi tidak selamana soda kue lebih murah, hal ini akan bergantung pada tipe, jenis dan merek dari apa yang anda bandingkan. Gunakanlah Soda kue jika Anda hanya perlu menaikkan sedikit tingkat alkalinity.

Soda kue juga memiliki serbuk dengan tekstur yang lebih lembut dari pada beberapa prodak peningkat alkalinity khusus untuk kolam renang. Hal ini akan menyebabkan kolam renang dapat terlihat berawan. Guakanlah sedikit demi sedikit agar terhindar dari masalah ini.

Bandingkanlah harga yang Anda temui di pasaran, dan sesuaikan dengan tingkat keperluannya.

Artikel Terkait :


4) Jagalah Agar Cover kolam renang tetap bersih terutama saat musim penghujan.


Kebanyakan kolam renang akan jarang digunakan saat musim penghujan. Tentu saja akan sangat merepotkan jika harus terus melakukan perawatan, dengan kondisi hujan yang terus turun dan menggangu keseimbangan air kolam renang. Nah, tutuplah kolam renang Anda dengan cover yang rapat, agar meminimalisir air hujan yang masuk ke kolam renang dan meminimalisir perubahan drastis keseimbangan kimia air kolam. Selain itu, di saat musim penghujan, akan cukup banyak debu-debu dan dedaunan kering yang jatuh akibat tertimpa titikan hujan, Agar kolam renang tetap terjaga,, menggunakan cover merupakan langkah paling praktis untuk mencegah berbagai macam kotoran seperti plastik, dedaunan ranting dan lain sebagainya untuk masuk ke kolam renang.

Ingatlah bahwa kontaminan-kontaminan seperti bakteri dan Alga akan cepat tumbuh jika terdapat amterial organik yang masuk ke air kolam renang dan terurai di sana. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Nah, saat kondisi cover kering, bersihkanlah permukan cover agar tidak terjadi penumpukan tanpa harus menggulung cover tersebut. Terkecuali jika Anda memiliki rencana untuk menggunakan kolam renang.


5) Lakukanlah Perawatan Shock Seminggu Sekali


Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaSering kali seseorang melewatkan perawatan mingguan shock treatment di kolam renang karena melihat kondisi kolam renang yang masih baik dan keseimbangan airnya ideal. Hal ini kuranglah tepat, karena kita tidak dapat melihat perkembang biakan kontaminan yang ada di kolam renang sebelum terjadi tumpukan pertumbuhannya. Terutama saat frekuensi penggunaan di musim kemarau yang semakin tinggi, tentu lebih mewajibkan kita untuk melakukan shock treatment seminggu sekali.

Ingatlah bahwa alga menyukai suhu air yang cukup hangat untuk optimal berkembang, dan bahaya chloramine saat frekuensi penggunaan cukup tinggi. Konsisten dalam melakukan semua list perawatan harian, mingguan dan bulanan akan menambah umur kejernihan dan kesehatan air kolam renang kita. Jangan sampai ada list perawatan yang terlewat, karena kita tidak ingin memberikan kesempatan kontaminan dapat berkembang biak secara bebas walaupun dalam beberapa waktu saja.

Dengan kondisi kolam renang yang selalu terjaga, tentu akan sangat menghemat biaya dan tenaga dari pada disaat kita perlu melakukan perawatan ekstra akibat berubahnya air menjadi hijau, penuhnya filter karena alga dan gangang yang berkembang, dan ganguan-ganguan lainnya.

Artikel terkait : – Shock Treatment Chlorine VS Non-Chlorine

 

Written by / 97 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP