Blog

HomeArtikel5 Langkah Untuk Menjaga Kolam Renang Tetap Jernih dan Bersih
Jasa Pembuatan Kolam Renang JogjaJasa Pembuatan Kolam Renang Jogja

5 Langkah Untuk Menjaga Kolam Renang Tetap Jernih dan Bersih

Semua pemilik kolam renang sudah tentu menginginkan kolam renangnya selalu jernih dan bersih. Akan tetapi, tidak semua pemilik kolam renang menjalankan perawatan secara benar. Bukannya menjadi jernih, sering kali akibat terlalu banyak menggunakan bahan kimia, kolam renang menjadi keruh dan berawan. Selalu menjaga kimia air kolam renang pada tingkat yang ideal merupakan kunci penting agar kolam renang aman digunakan. Nah, untuk selalu menjaga kebersihan dan kejernihan air kolam renang, berikut ini 5 langkah untuk mewujudkannya.


1) Gunakan Metode Pencegahan


Mencegah lebih baik dari pada mengobati, kata itu selalu kita temui di tempat-tempat pelayanan kesehatan. Hal serupa juga berlaku untuk kolam renang di rumah, tindak pencegahan merupakan penghematan. Karena, jika kolam renang terlanjur mengalami masalah, seperti tumbuhnya gangang hijau yang membuat air menjadi berwarna hijau, biaya perawatan serta pengembaliannya akan lebih besar. Selain itu, sekali alga atau gangang berkembang pesar di kolam renang, kemunculannya kembali akan lebih mudah sehingga air kolam akan sangat rentan terhadap pertumbuhan gangang. Karena, setelah gangang mati, ia akan menjadi sumber makanan untuk generasi berikutnya. Maka dari itu, kita harus mencegah pertumbuhan gangang ini sejak dini. Berikut ini beberapa tindak pencegahan yang akan membantu Anda untuk menjaga kejernihan air kolam renang.

  • Penggunaan Bahan Kimia Secara Tepat (Seperti kaporit, tawas, pvc dan lain sebagainya)
    Bahan kimia yang sering digunakan di kolam renang sesungguhnya tidak berbahaya untuk tubuh manusia. Selama takaran dan cara penggunaannya tepat. Salah satu bahan kimia yang paling menentukan kolam renang terbebas dari kontaminan adalah disinfektan. Seperti kaporit (Calcium Hipo Chlorite), kami sering menyebutnya klorin / chlorine. Karena unsur inilah yang berfungsi sebagai disinfektan untuk membasmi kontaminan. Nah, untuk menjaga agar kolam renang terbebas dari kontaminan, kita perlu menjaga tingkat kandugnan free chlorine di air kolam. Lebih Detail tentang chlorine lihat di sini Mengenal Bahan Kimia Perawtan Kolam Renang : Chlorine
  • Membersihkan Filter
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kontaminan seperti gangang yang mati, akan menjadi sumber makanan generasi gangang berikutnya. Maka dari itu, kita harus menjaga agar benih-beih ini tersaring dari air kolam renang. Berbeda dengan dedaunan ranting atau kotoran besar lainnya yang dapat kita lihat, kita hanya dapat mengandalkan kinerja dari filter untuk memperangkap gangang, bakteri dan kontaminan mikro lainnya. Maka dari itu, menjaga filter untuk selalu bekerja optimal menjadi bagian penting untuk menjaga air kolam agar selalu bersih, jernih dan aman.
  • Pompa dan Sistem Sirkulasi
    Filter tidak dapat bekerja menyaring kontaminan jika pompa tidak menyala dan menjalankan sistem sirkulasi air. Maka dari itu, jalankanlah pompa dan sistem sirkulasi di kolam renang Anda setidaknya 8-12 jam sehari. Hal ini akan sangat membantu agar seluruh air yang ada di kolam renang tersirkulasi dan terfilter secara optimal.

2) Perawatan Mingguan


Sering kali seseorang akan merasa kerepotan jika harus menjalankan perawatan rutin setiap hari. Padahal untuk perawatan harian kita hanya perlu melakukan pengecekan dan membersihkan kotoran-kotoran di sekitar area kolam renang. Akan tetapi, setidaknya Anda dapat meluangkan 2 hingga 3 jam setiap minggunya, hal ini sudah cukup untuk menjaga kejernihan air kolam renang. Akan tetapi, bersihkanlah kotoran-kotoran besar seperti dedaunan dan kotoran lainnya terutama yang masuk ke air kolam renang, karena kotoran organik ini akan menjadi sumber pertumbuhan gangang dan bakteri yang akan menggangu kejernihan dan kesehatan kolam renang Anda. Nah, jangan pernah melewatkan sekalipun perawatan mingguan, karena walaupun pada saat itu air kolam renang terlihat baik-baik saja, jika Anda abaikan, minggu depan mungkin sudah berubah menjadi hijau.

Artikel Terkait : Tips Sederhana Perawatan Mingguan Kolam Renang


3) Jagalah keseimbangan kimianya.


Seperti sudah disingugn sebelumnya, Kita perlu untuk menjaga keseimbangan kimia air kolam renang. Karena disinilah letak dan faktor utama yang akan sangat mempengaruhi kondisi air kolam renang. Lakukanlah pengujian dan penyesuaian seperti yang dibutuhkan. Selalu gunakan perlengkapan aman berinteraksi dengan bahan kimia seperti sarung tangan karet, pelindung mata, masker dan lain sebagainya. Ditamabah lagi, pastikan Anda tau produk bahan kimia yang Anda gunakan dan takaran yang diperlukan. Ikuti instruksi yang ada di label produk dan lakukanlah penyesuaian dengan kondisi kolam renang Anda.

Artikel Terkait : Pentingnya Menjaga Keseimbangan Air Kolam Renang Pada Kondisi Ideal


4) Shock Treatment.


Organisme hidup akan membentuk sistem imun / kekebalan akan daya tahan terhadap chlorine setelah secara continu kita berikan. Maka dari itu, kita perlu melakukan kejutan baik chlorine maupun non-chlorine untuk membunuh kontaminan tersebut. Masukkan hal ini di perawatan mingguan. Pada saat melakukan shock treatment, terutama jika menggunakan chlorine, kita akan melihat kolam renang menjadi berkabut putih keruh. Diamkan kondisi ini selama 1x 24 jam terutama pada siang hari, agar klorin terurai oleh sianr matahari. Jangan gunakan kolam renang sebelum kondisi kimia air kolam kembali stabil.

Artikel Terkait : Perbandingan Shock Treatment Dengan Klorin dan Tanpa-Klorin


5) Laksanakan Perawatan Bulanan.


Oke, jika 4 di atas bisa Anda lakukan sendiri, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa perawatan kolam renang sebulan sekali bukan ? Agar, orang yang profesional dapat memantau dan mengambil tindakan untuk perawatan bulanan. Nah, dengan demikian, hasil kerja Anda setiap minggu akan mendapatkan evaluasi dari ahlinya. Jadi, jangan takut atau malu untuk bertanya. Lihatlah cara beliau melakukan perawatan sambil Anda ajak berbincang (bukan mengawasi). Mintalah saran dan panduan untuk perawatan mingguan sebulan kedepan. Nah, selain itu, Anda perlu membuat rekaman data sendiri. Berhubung setiap kolam renang itu unik, termasuk dipengaruhi kondisi lingkungannya. Maka, buatlah grafik dan tabel perawatan yang telah Anda lakukan dan hasil uji keseimbangan airnya. Dengan demikian, jika terjadi sesuatu di luar dugaan, Anda dapat memperlihatkan data ini pada tim profesional yang akan menyelesaikan segala permasalahan kolam renang. Karena mereka dapat bekerja lebih maksimal jika benar-benar mengetahui kondisi di lapangan, dan apa yang terjadi sebelumnya. Berikanlah data yang telah Anda rekam tentang kondisi kolam renang.

Artikel Terkait : Checklist Standar Perawatan Kolam Renang

Written by / 114 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!
LIVECHAT WHATSAPP