Blog

HomeArtikel4 tahapan langkah mendesain kolam renang
jasa pembuatan kolam renang jogjajasa pembuatan kolam renang jogja

4 tahapan langkah mendesain kolam renang

Anda berencana membuat kolam renang ? Atau ingin merubah / merenovasi kolam renang yang sudah ada? Yang dapat di pastikan jika Anda memiliki / berencana membangun kolam renang tentu saja menginginkan kolam renang yang indah, elok, elegan, dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Sebuah harapan, keinginan memiliki kolam renang dengan bentuk, dekorasi, dan nuansa apapun tentu perlu Anda gambarkan / realisasikan kedalam bentuk desain / gambar grafis, Agar orang lain / kontraktor kolam renang dapat memahami dan mengerti secara detail kolam renang yang Anda inginkan.

Nah, pada artikel kali ini akan diberikan 4 tahapan untuk mendesain kolam renang, serta apa saja yang perlu diperhatikan dalam mendesain kolam renang. Agar desain anda realistis dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Pertama, Sebelum membahas dekorasi, penataan letak dan segala macam pernak pernik kolam renang. Tentu yang perlu diperhatikan pertama kali adalah ukuran. Seberapa luas lahan / tanah yang Anda sediakan / miliki untuk merealisasikan kolam renang Anda. Ukurlah lahan tersebut, dan ukuran ini akan menjadi pedoman, batasan, frame Anda dengan beberapa skala untuk mendesainya ke dalam gambar. Langkah pertama adalah mengukur dan menentukan ukuran lahan yang tersedia serta ukuran kolam renang yang diinginkan dengan lahan tersebut.

Kedua, Setelah mendapatkan ukuran pasti lahan yang tersedia dan menentukan ukuran kolam renang yang akan ada di lahan tersebut, Anda dapat melanjutkan ke tahap kedua yaitu menentukan bentuk, tema serta nuansa yang Anda inginkan. Bentuk, kolam renang secara umum berbentuk persegi, persegi panjang, dan lingkaran / oval. Namun tidak ada standarisasi khusus untuk menentukan bentuk kolam renang pribadi. Anda hanya perlu menyesuaikan bentuk tersebut dengan lahan yang tersedia dan segi kepantasannya. Tema setiap bangunan selalu memiliki tema, bahkan bangunan dengan tipe “standar” juga merupakan tema, standar berarti mengikuti apa yang biasanya / umumnya / sering digunakan. Nah tema apa yang anda inginkan untuk kolam renang Anda, hal ini akan menyangkut juga pada nuansa yang Anda inginkan termasuk juga tujuan anda memiliki kolam renang tersebut. Semisal, Saya ingin membangun kolam renang untuk anak-anak dan keluarga, Maka anda dapat memilih tema yang agak meriah untuk memeriahkan suasana kolam dan menarik Anak-anak. Bisa juga, saya ingin membangun kolam renang untuk memberikan efek / nuansa elegan / elite di rumah. Maka Anda dapat memilih tema / nuansa minimalis moderen , ataupun tema – tema elegan yang sering hadir di perumahan elite, seperti black-silver wall, dan segala macam warna nya. Langkah kedua, adlaah menentukan bentuk, tema, dan nuansa kolam renang.

Ketiga, Setelah mendapatkan ukuran, dan mendapatkan Tema / nuansa yang diinginkan, Langkah ketiga dalam mendesain kolam renang Andalah menentukan tipe, corak, warna motif dan segala macamnya. Tentu saja Anda perlu menentukan warna keramik kolam renang, penggunaan bahan untuk dek kolam semisal menggunakan dek kayu dengan warna coklat tua atau coklat cerah. Atau mozaik kramik. Beragam pilihan perlu anda tentukan dan tentu saja warna-warna, corak, dan motif-motif ini pelru dikaitkan dengan tema yang sudah anda tentukan sebelumnya. Jangan sampai warna ini tidak sesuai dengan tema / nuansa Anda. Langkah ketiga, adlh menentukan motif, corak, warna, gambar, dan segala macam dekorasi yang mampu memberikan efek boost untuk tema / nuansa kolam renang yang Anda inginkan.

Keempat, Setelah menentukan ketiga hal di atas, Sekarang Anda dapat memberikan efek tambahan / boost untuk kolam renang Anda. Dekorasi, Anda ingin nuansa rindang hadir di kolam, tambahkanlah pohon-pohon dengan kireteria tertentu, rumput, tanaman-tanaman lain. Anda ingin tempat berkumpul, posisikanlah dan aturlah tata letak gazebo, pondok dari bambu, kelapa, dan sebagainya. Tentukanlah hiasan-hiasan serta pernak pernik yang Anda inginkan hadir di kolam renang Anda. Terakhir untuk permulaan, Langkah ke empat adalah menentukan fasilitas tambahan seperti gazebo, jenis tanaman, tata letak, dan segala macam fasilitas kolam renang yang Anda inginkan hadir di kolam renang tersebut. Lalu, mulailah menuangkan ide / gagasan / pemikiran Anda ini kedalam bentuk desain grafis / gambar. 

Demikianlah empat tahapan langkah mendesain kolam renang, tentu saja tidak sekedar di imajinasikan / di pikirkan, empat langkah tersebut perlu anda aplikasikan setelah mendapatkan penentuan. Realisasikanlah dalam bentuk gambar, apapun jenis aplikasi / sketsa tangan yang Anda pilih untuk dipergunakan dalam merealisasikan pemikiran Anda. Yang jelas dan pasti, tujuanya adalah menuangkan ide, pemikiran Anda kedalam bentuk gambar / sketsa yang dapat dipahami orang lain. Terimakasih Salam.

Written by / 26 Articles

Kami adalah Kontraktor Kolam Renang menangani desain,pembuatan,perawatan dan renovasi kolam renang dengan pengalaman puluhan tahun dan klien yang tersebar di Jawa dan Luar Jawa. Kami mengutamakan kualitas dan kepuasan Pelanggan. Info dan Konsultasi hubungi: 081287115614

error: Content is protected !!